5 Resiko Operasi Caesar Bagi Para Ibu

0
5 Resiko Operasi Caesar Bagi Para Ibu

Senyumperawat.com – Ada sebagian ibu enggan memilih melahirkan secara normal padahal resiko operasi caesar itu tidaklah sederhana. Tidak sedikit yang memiliki persepsi bahwa melahirkan normal lebih terasa sakit daripada operasi caesar. Memang tidak salah pula dengan pilihan itu karena setiap orang punya pilihan. Namun mungkin ada baiknya perlu pertimbangan lebih banyak lagi sebelum menentukan pilihan.

Boleh jadi, salah satu alasan seseorang menentukan pilihan adalah karena informasi yang ia dapatkan. Informasi akan mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang. Tingkat pengetahuan akan menentukan bagaimana ia akan mengambil sikap. Kemudian dari sikap itu, ia akan menentukan pilihan bagaimana akan melangkah. Begitupun dalam menentukan akan melahirkan normal atau caesar ini.

Baca juga: Tahapan Proses Penyembukan Luka

Satu informasi penting yang perlu seseorang dapatkan terkait operasi caesar adalah tentang resikonya. Beberapa resiko dari operasi caesar ini akan memberikan dampak yang cukup serius.

Resiko Operasi sesar

Berikut ini ada beberapa resiko operasi caesar, yaitu:

1. Infeksi pada bekas jahitan

Infeksi luka akibat persalinan caesar berbeda dengan luka persalinan normal. Luka persalinan caesar lebih besar dan berlapis-lapis. Jika penyembuhan tidak sempurna, maka kuman lebih mudah menginfeksi sehingga luka jadi lebih parah. Terkadang, dalam kondisi tertentu akan dilakukan penjahitan ulang.

2. Kematian saat persalinan

Beberapa penelitian menunjukkan, angka kematian ibu pada operasi caesar lebih tinggi dibanding persalinan normal. Kematian umumnya disebabkan kesalahan pembiusan atau perdarahan yang tidak ditangani dengan cepat.

3. Pembatasan kehamilan

Dulu, perempuan yang pernah melahirkan melalui operasi caesar hanya boleh melahirkan tiga kali. Kini dengan teknik operasi yang lebih baik, sang ibu memang boleh melahirkan lebih dari satu bahkan sampai lima kali. Tapi resiko dan komplikasinya makin berat.

Baca juga: Klasifikasi Asfiksia Berat, Sedang dan Ringan

4. Sobeknya jahitan rahim

Ada tujuh lapis jahitan yang dibuat saat operasi caesar, yaitu jahitan pada kulit, lapisan lemak, sarung otot, otot perut, lapisan dalam perut, lapisan luar rahim dan rahim. Jahitan rahim ini bisa sobek pada persalinan berikutnya. Makin sering menjalani operasi caesar, makin besar resiko terjadinya sobekan.

5. Masalah pernafasan

Bayi yang lahir melalui operasi caesar cenderung mempunyai masalah pernafasan, yaitu nafas menjadi tidak teratur.

 

Tinggalkan Komentar