Trik Mencari Pembuluh Darah Untuk Diinfus Pada Pasien Gemuk, Pakai Alat Ini!

Senyumperawat.com – Sebagian besar perawat pasti pernah mengalami kesulitan saat mencari pembuluh darah pasien untuk diinfus. Terutama jika menjumpai pasien yang berbadan subur. Kondisi tersebut karena pembuluh darah tertutup lemak sehingga tak tampak. Jangankan dilihat, diraba pun kadang tak bisa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, butuh trik khusus untuk mencari pembuluh darah untuk diinfus. Ada yang memakai trik dengan torniquet. Teknik yang mengandalkan bendungan pada vena proksimal. Sehingga pada bagian distal akan sedikit terhambat dan membuat pembuluh darah lebih mengembang.

Untuk pasien yang tidak terlalu subur, mungkin itu akan sangat mudah. Tapi ternyata, untuk pasien yang obesitasnya berat masih cukup sulit. Kadang ada yang bisa tampak kebiruan sehingga bisa diindera dengan mengandalkan insting perawat.

Adakah alat khusus untuk mencari pembuluh darah untuk diinfus?

Ternyata sudah ada alat yang bisa digunakan untuk membantu menemukan pembuluh darah itu. Yasmin Noor Afifah, Putri Istiqomah RH, Intan Nur Fadliilah, Ardianto Nugroho, dan Faisal Fajri Rahani adalah lima mahasiswa UGM yang menciptakan inovasi bernama Visiovein.

Visioven adalah alat yang ditemukan oleh para mahasiswa tersebut untuk membantu menemukan pembuluh darah yang akan diinfus.

“Visiovein merupakan sebuah sistem yang mampu menemukan jalur pembuluh vena pada tubuh pasien. Misalnya saja sebelum melakukan infus kita harus mencari pembuluh darahnya terlebih dahulu dan itu tidak mudah. Jadi alat ini dimaksudkan untuk dapat membantu mempermudah para petugas medis,” kata Yasmin.

Cara kerja alat

Pertama, rangkaian LED inframerah untuk memancarkan cahaya inframerah pada tubuh pasien.

Kedua, kamera inframerah untuk menangkap gambaran jalur pembuluh vena pada tubuh pasien.

Ketiga, unit pemroses dan pengolah data untuk mengolah citra digital dan layar LCD yang akan menampilkan gambaran jalur pembuluh vena tersebut pada layar LCD secara realtime.

“Visiovein ini desainnya ergonomis, sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu portable, karena dapat dilepas dan dipasang. Pembuatan visiovein juga menggunakan barang-barang yang ada di Indonesia sehingga mudah untuk dikembangkan lebih lanjut.” lanjut Yasmin.

Jadi secara konsep, alat ini memanfaatkan sinar inframerah untuk menemukan letak pembuluh darah vena yang akan diinfus. Alat ini bisa menambah daftar trik khusus untuk menemukan pembuluh darah vena.

loading...

This website uses cookies.