Tips Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman

Senyumperawat.com – Tips posisi tidur ibu hamil berikut ini bertujuan untuk membuat nyaman para ibu. Sebab, semakin besar kandungan maka posisi tidur yang kurang tepat akan mengakibatkan rasa tidak nyaman. Rasa nyaman tiap ibu hamil pasti berbeda-beda. Oleh karenanya, perlu kreativitas pula dalam menerapkan tips posisi tidur ibu hamil berikut ini.

Disampaikan dalam sebuah video singkat, dr. Alni dari tim Alodokter berbagi tips yang cukup mudah dipraktikkan. Ibu hamil memerlukan perhatian yang cukup bagi dirinya sendiri dan tentunya bagi calon bayi. Posisi tidur yang nyaman akan menentukan bagaimana aktivitasnya di esok pagi.

Tips posisi tidur ibu hamil agar nyaman

“Posisi tidur tidak bisa dianggap sepele”, kata dr. Alni. Ada tiga tips yang dibagikan oleh dr. Alni. Mari kita simak apa saja ya tipsnya.

1. Tidur dengan posisi miring ke kiri

“Posisi tidur seperti ini bisa memperlancar sirkulasi darah yang mengarah ke jantung, ke rahim, ke janin ataupun ke ginjal”, terangnya. Menurutnya, posisi ini akan membuat perut bumil menjadi lebih nyaman. Proses pencernaan makanan juga disebutkan akan lebih mudah. Termasuk juga mengurangi potensi terjadinya pembengkakan.

2. tidur telentang

Terlebih lagi pada usia kehamilan sudah lebih dari 5 bulan. Tidur dengan posisi telentang bagi ibu hamil juga akan mengganggu sirkulasi darah. Baik bagi ibu hamil sendiri dan juga bagi janin. Selain itu juga tidak nyaman karena dada terasa sesak. Bagaimana tidak, kondisi perut yang mulai membesar jika diposisikan telentang maka akan menekan bagian sekitarnya.

3. Gunakan bantal yang nyaman

Tidur menggunakan bantal akan membuat tidur semakin nyaman dan nyenyak. Khususnya untuk mengurangi rasa sesak pada dada. Jika ulu hati terasa nyeri, posisikan kepala lebih tinggi. Akan lebih nyaman terkadang jika lebih tinggi lagi atau disebut setengah duduk. Ada bantal yang kini sudah didesain khusus untuk ibu hamil. Anda bisa mencarinya di toko terdekat atau melalu online shop.

Tips tambahan

Agar ibu hamil lebih nyaman, bisa dicoba untuk meminum susu dengan tambahan madu. Minum minuman hangat akan membuat tubuh semakin rileks. Tapi, jangan coba-coba minum teh hangat atau kopi sebelum tidur. Hal ini akan justru membuat ibu hamil sulit tidur karena kandungan kafein di dalamnya.

Jangan lupa pula, sebelum tidur untuk berwudhu dan berdo’a sesuai apa yang diajarkan oleh Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Memohon agar kehamilan dipermudah dan dilindungi dari segala macam gangguan. Baik gangguan secara fisik maupun yang tidak tampak seperti gangguan jin. Oleh karenanya, amat penting bagi ibu hamil untuk memperbanyak ibadah untuk menjaga janinnya. (Alodokter/Destur)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker