Tindakan Operasi Pengangkatan Payudara, Mastektomi

0
Tindakan Operasi Pengangkatan Payudara, Mastektomi

Senyumperawat.com – Operasi pengangkatan payudara biasa disebut dengan istilah Mastektomi. Merupakan pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat payudara. Tindakan operasi ini bisa dilakukan sebagian atau seluruhnya sesuai diagnosis yang ditegakkan. Operasi pengangkatan payudara ini bisa jadi sebagai alternatif terakhir terhadap penyakit yang menimpa seperti misalnya kanker payudara.

Tindakan operasi pengangkatan payudara merupakan salah satu metode penanganan kanker payudara. Selain itu ada pula kemoterapi (sitostatika ), radioterapi (penyinaran) dan juga hormon. Banyak pertimbangan dalam menentukan terapi mana yang paling tepat untuk tiap stadium kanker. Tidak bisa tiba-tiba langsung diberikan tindakan operasi. Selama masih bisa diatasi dengan terapi lain, tentu itu akan tetap diusahakan.

Jenis-jenis operasi pengangkatan payudara (mastektomi)

Tindakan mastektomi memiliki beberapa klasifikasi. Terapi pembedahan ini sebagai disebutkan di atas, akan ditentukan sesuai indikasi.

a. Mastektomi preventif (Preventive Mastectomy)

Pembedahan jenis ini dilakukan pada wanita yang mempunyai resiko tinggi terkena kanker payudara akibat faktor genetika. Dalam artian bahwa wanita tersebut beresiko keturunan kanker payudara. Operasi ini dapat berupa total mastektomi, pengangkatan seluruh payudara dan puting atau subcutaneous mastectomy, pengangkatan payudara tetapi puting tetap dipertahankan.


Baca juga: Kamu Patut Khawatir Jika Ada Benjolan di Payudara Seperti Ini


b. Mastektomi total (Total Mastectomy)

Diartikan sebagai terapi pembedahan untuk mengangkat payudara termasuk kulit dan bagian puting. Tapi, simpul limfe tetap dipertahankan.

c. Modified Radical Mastectomy

Merupakan pengangkatan seluruh payudara beserta simpul limfe di bawah ketiak, sedangkan otot pektoral (mayor dan minor), akan dipertahankan. Kulit dada dapat diangkat dan bisa pula dipertahankan, kemudian diikuti dengan rekonstruksi payudara jika diinginkan.

d. Radical Mastectomy

Mastektomi radikal adalah pengangkatan seluruh kulit payudara, otot di bawah payudara serta simpul limfe (getah bening).

e. Mastektomi parsial atau segmental

Mastektomi parsial atau segmental dapat dilakukan pada wanita dengan kanker payudara stadium I dan II. Mastektomi parsial adalah terapi penyelamatan payudara atau breast conserving therapy yang akan mengangkat bagian payudara dimana tumor berada. Prosedur ini biasanya akan diikuti oleh terapi radiasi untuk mematikan sel kanker pada jaringan payudara yang tersisa.

Pastikan ketika Anda mendapati tanda-tanda kanker payudara yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter. Lebih cepat untuk ditangani akan lebih menyelamatkan hidup Anda.

Tinggalkan Komentar