Rizal Ramli: Solusi BPJS Kesehatan Pemerintahan Jokowi Bagaikan Tensoplas

Rizal Ramli: Solusi BPJS Kesehatan Pemerintahan Jokowi Bagaikan Tensoplas

Senyumperawat.com – Dalam debat Capres-Cawapres, kedua pasangan mengemukakan tentang solusi BPJS Kesehatan jika mereka terpilih. Tiap solusi yang ditawarkan tentu akan menuai pro dan kontra. Sebagaian yang pro pasti akan memuji semua solusi Paslon (pasangan calon) yang didukung.

Ada pun yang kontra, tentunya akan mengritisi kebijakan yang akan diambil. Salah satunya Rizal Ramli yang kini memilih untuk beroposisi. Ia memang pernah menjadi salah satu bagian dari kabinet presiden Jokowi. Tapi kini ia begitu keras menjadi pengritik kebijakan pemerintah. Khususnya jika berkaitan dengan ekonomi.

Baca: Sandiaga Uno: Tenaga Kesehatan Harus Mendapatkan Pendapatan yang Cukup

Rizal mengomentari kalau solusi BPJS Kesehatan pemerintahan Jokowi ibarat tensoplas. Menurut Rizal, tidak bisa hanya mengandalkan BPJS Kesehatan dan berhenti di tatanan ide yang bagus.

BPJS Kesehatan yang diperjuangkan sejak 2010 -2013 itu sayangnya kesulitan pembiayaan karena iuran keanggotaan yang sangat rendah.

Baca: TKN Jokowi-Ma’ruf: Masalah Upah Tenaga Kesehatan Bisa Diselesaikan dengan Dana Desa

“Sayangnya program tersebut under- funded dan iuran perusahaan sangat rendah. Hari ini BPJS mengalami kesulitan keuangan. Dokter dan tenaga medis telat digaji. Tagihan apotek dan rumah sakit kelas menengah, belum dibayar. Solusi pemerintahan Pak Widodo parsial, bagaikan tensoplas. Pemerintah yang baru akan menyelesaikan masalah BPJS kurang dari 200 hari,” tulis Rizal dalam keterangannya kepada redaksi, Jumat (22/3).

Pos terkait