Rekrutmen Nusantara Sehat 2019 Periode 1, Tutup 17 Maret Maksimal Usia 48 Tahun

Senyumperawat.com – Kementerian Kesehatan membuka rekrutmen Nusantara Sehat 2019 untuk periode pertama. Ini adalah program tahunan dari pemerintah untuk mengirimkan tenaga kesehatan hingga ke pelosok. Upaya ini diambil sebagai upaya untuk pemerataan kesehatan. Mengingat akses kesehatan bagi masyarakat di daerah pelosok masih sangat sulit.

Para tenaga kesehatan yang lolos seleksi rekrutmen nusantara sehat 2019, akan diberikan pembekalan. Mulai dari pemetaan wilayah hingga tugas apa saja yang akan diberikan. Tinggal di daerah pelosok yang akses dari segala macam teknologi menjadi sulit, perlu pembekalan mental pula.

Kualifikasi tenaga kesehatan yang dibutuhkan

Ada beberapa kualifikasi tenaga medis yang dibutuhkan dalam rekrutmen nusantara sehat 2019 ini. Program ini untuk program individu.

  1. Dokter
  2. Dokter Gigi
  3. Perawat
  4. Bidan
  5. Tenaga Kesehatan Lingkungan
  6. Tenaga Kesehatan Masyarakat
  7. Ahli Teknologi Laboratorium Medik
  8. Tenaga Kefarmasian
  9. Tenaga Gizi

Persyaratan rekrutmen nusantara sehat 2019

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon tenaga kesehatan yang ingin mendaftar. Salah satu yang wajib adalah STR (Surat Tanda Registrasi) khususnya bagi dokter, perawat dan bidan.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia maksimal 48 tahun
  3. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri
  4. Status sudah menikah atau belum menikah
  5. Sehat jasmani rohani
  6. Bebas narkoba
  7. Berkelakuan baik
  8. Wajib memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima)
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan
  10. Berpartisipasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional dibuktikan dengan memiiki Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Dokumen untuk mendaftar online

Beberapa dokumen harus disiapkan untuk mendaftar nusantara sehat 2019 secara online. Dokumen tersebut dikirimkan dalam bentuk hasil gambar scan.

  1. Pas Foto
  2. Scan Ijasah
  3. Scan STR yang masih berlaku
  4. Scan KTP
  5. Scan Kartu Keluarga
  6. Sertifikat pelatihan

Batas kapasitas dokumen yang diupload harus kurang dari 250 kb. Jadi setelah di-scan, perhatikan kembali kapasitasnya dengan meng-klik kanan file itu dan lihat kapasitasnya. Jika ternyata file itu berkapasitas besar, minta bantuan rekan Anda yang paham komputer untuk mengkompres file agar kapasitasnya berkurang.

Cara mendaftar

Anda perlu memperhatikan tiap tahapan pendaftaran. Baca dan pahami dulu sebelum memulai sehingga tidak bingung. Jadwal pendaftaran dimulai pada 8 hingga 17 Maret 2019. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui website www.nusantarasehat.kemkes.go.id.

Pengumuman rekrutmen Nusantara Sehat 2019 periode 1
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker