Pemerintah Siap Buka Lowongan Perawat ke Belanda

Senyumperawat.com – Tahun 2019 ada kabar baik dari pemerintah yang akan membuka lowongan perawat ke Belanda. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan mengirim 12 perawat Indonesia untuk bekerja di Belanda pada Mei mendatang. Profesi tersebut saat ini memang sangat banyak dibutuhkan di Negeri Kincir Angin lantaran meningkatnya jumlah penduduk usia tua.

Kemenaker pun terus berupaya menyediakan berbagai macam pelatihan keperawatan berstandar internasional sehingga dapat mengirim lebih banyak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas ke Belanda dan berbagai negara lainnya.

“Ini tentu menjadi peluang kerja baru bagi pekerja Indonesia untuk bekerja di luar negeri. Selama ini perawat kita lebih banyak bekerja ke Jepang dan Korea Selatan. Sekarang Belanda juga menjadi tujuan,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri melalui keterangan resmi, Sabtu (9/2).

Ribuan lowongan perawat ke Belanda akan diwacanakan

Adapun, Presiden Indonesia Diaspora Network Ebed Litay menilai pengiriman 12 perawat ke Belanda masih sangat sedikit. “Saat ini, Belanda membutuhkan ribuan perawat. Kita harap angka pengiriman bisa terus ditingkatkan,” tutur Ebed.

Seperti diketahui, Belanda dan sebagian besar negara di daratan Eropa lainnya sangat membutuhkan perawat lantaran terjadinya penurunan populasi usia produktif. Kebutuhan perawat untuk di Belanda saja diprediksi mencapai 110 ribu orang.

“Kita sudah menghubungi rumah sakit, asuransi, dan kementerian terkait di Belanda untuk memastikan jumlah itu,” tutur Ebed.

Menurut Ebed, bekerja sebagai perawat di Belanda sangat menjanjikan dari sisi penghasilan. Di ‘Negeri Tulip’, pekerja formal memiliki gaji minimal Rp25 juta per bulan.

“Gaji perawat saya tidak tahu pasti, tetapi minimum gaji di Belanda itu 1500 euro atau sekitar Rp25 juta rupiah. Kalau perawat pasti lebih tinggi,” ucapnya dikutip dari laman Media Indonesia.

Reporter: Destur

loading...

This website uses cookies.