Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Senyumperawat.com – Nutrisi adalah komponen penting selama proses kehamilan. Maka makanan sehat untuk ibu hamil adalah wajib terpenuhi hukumnya. Para suami mesti memenuhi hal itu supaya janin yang dikandungnya juga tumbuh dan berkembangan dengan baik.

Tidak sulit untuk mencari sumber nutrisi sehat bagi ibu hamil. Ada banyak di sekitar kita apalagi tinggalnya masih di kampung. Di kota pun, kalau ada tukang sayur lewat pasti membawa banyak makanan sehat untuk ibu hamil itu.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil

Setidaknya kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 300 – 500 kkal/hari. Terntunya bergantung dari berat badan sebelum hamil, aktivitas, dan tipe kehamilan (1 bayi atau kembar). Selama hamil akan terjadi penambahan berat yang normalnya adalah 6,5 sampai 16 kg.

Asupan nutrisi ibu hamil memang harus diperhatikan. Tidak boleh sampai terjadi obesitas. Oleh karena itu ketika pemeriksaan, ibu hamil akan ditimbang. Ketika terjadi penambahan berat badan berlebih yang berpotensi menjadi penyulit maka dianjurkan mengurangi jumlah makanan. Begitu pun sebaliknya. Jika ibu hamil mengalami penambahan berat badan di bawah normal, maka asupan nutrisi akan ditekankan untuk ditambah.

Menu makanan sehat bagi ibu hamil

Seperti Anda ketahui, hamil adalah hal yang berat. Dalam hal makan pun sebagian merasakan berat. Rasa mual dan muntah bahkan ada yang masih terasa sampai trimester kedua. Begitu beratnya memang.

Berikut ini daftar menu makanan sehat ketika hamil:

  1. Sayur dan Buah
  2. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kentang
  3. Protein seperti daging, ikan, kacang
  4. Makanan berserat yang dapat ditemukan di roti gandum, buah, sayur
  5. Susu atau fermentasinya seperti keju dan yoghut

Suplemen tambahan bagi ibu hamil

Tenaga kesehatan baik dokter atau bidan selama pemeriksaan kehamilan, pasti menganjurkan beberapa asupan nutrisi ini. Selama ANC (Antenatal Care), ibu hamil akan diperiksa bagaimana perkembangan kehamilannya. Setelah itu biasanya diberikan resep sebagai tambahan nutrisi. Apa saja itu, berikut ini macam-macamnya:

Asam folat. Berfungsi baik untuk melindungi dari gangguan saraf pada janin (anensefali, spina bifida). Alasan diberikan tambahan asam folat biasanya karena asupan nutrisi ibu belum mencukupi jumlah asam folat yang semestinya dibutuhkan selama hamil.

Zat besi. Biasanya diberikan dalam bentuk tablet Fe. Komponen utama dari hemoglobin yang bekerja mengangkut oksigen di dalam darah. Disarankan pada wanita hamil dengan hemoglobin < 10 atau 10,5 g/dl pada akhir kehamilan. Selain suplemen, zat besi juga terkandung pada daging, telur, kacang, sayuran hijau, gandum, dan buah-buahan kering. Suplemen besi sebaiknya dikonsumsi diantara waktu makan dengan perut yang kosong atau diikuti jus jeruk untuk meningkatkan penyerapan.

Kalsium. Sangat penting untuk menopang kekuatan tulang wanita hamil dan pertumbuhan tulang bagi janin. Kalsium yang disarankan sebanyak 1200 mg untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Kalsium sebaiknya dikonsumsi ketika sedang makan, diikuti dengan jus buah yang kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan

Menu makanan tidak sehat bagi ibu hamil

Selain makanan sehat, tentu ada makanan yang tidak sehat buat ibu hamil. Jangan hanya karena enak, lalu seorang ibu hamil doyan mengonsumsi makanan berikut ini. Lantas apa saja ya makanan tidak sehat bagi ibu hamil itu, mari kita simak.

  1. Vitamin A dalam dosis > 20.000 – 50.000 IU/hari dapat menyebabkan kelainan bawaan
  2. Kafein
  3. Hati dan produk hati. Mengandung vitamin A dosis tinggi yang bersifat teratogenik (menyebabkan cacat pada janin)
  4. Makanan mentah atau setengah matang karena risiko toksoplasma.
  5. Ikan yang mengandung metilmerkuri dalam kadar tinggi seperti hiu, marlin, yang dapat mengganggu sistem saraf janin.
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker