Kyai Ma’ruf Akan Fokus Bahas Kartu Indonesia Sehat Untuk Tema Kesehatan, Bagaimana Nasib Nakes?

Senyumperawat.com – Wakil Direktur Konten Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Rabin Hattari, mengatakan Cawapres nomor urut 02 Ma’ruf Amin siap menghadapi debat pada Minggu (17/3) nanti. Terkait tema kesehatan, kata dia, Maruf akan memaparkan soal Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Kita cuma mempersiapkan Pak Kyai. Sebenarnya Pak Kyai sudah mengerti mengenai isu-isu yang ada. Cuma memperkaya saja informasi juga meng-assure beliau akan menjawab pertanyaan dalam waktu yang sudah disiapkan,” kata dia, saat ditemui, di Menteng, Jakarta, Sabtu (17/3).

[ads_color_box color_background=”#eee” color_text=”#444″]

Baca juga:

[/ads_color_box]

Soal KIS, Maruf akan menekankan gagasan untuk lebih menguatkan dan memperluas jangkauan program. “Jadi mungkin yang akan diperkuat adalah program KIS supaya lebih luas ke depannya,” ungkapnya.

Selain itu, ada program Germas alias Gerakan Masyarakat Sehat. Program ini bertujuan untuk menjawab persoalan tunggakan klaim BPJS Kesehatan. Germas, urai Rabin, merupakan tindakan promotif dan preventif.

“Jadi ini dari satu sisi melihat bahwa peningkatan kesehatan tidak hanya dari sisi, supply-nya saja. Tapi dari sisi demand-nya. Jadi semakin sehat masyarakat itu akan menurunkan biaya daripada kesehatan tersebut,” jelasnya.

Sementara terkait tema pendidikan dan ketenagakerjaan, Ma’ruf akan membahas program Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Kartu Pra-Kerja. Dua program ini telah disinggung Jokowi ketika menyampaikan pidato kebangsaan di Sentul International Convention Center (SICC), Minggu (24/2) lalu.

“Program akan konsisten dengan program-program yang Pak Jokowi berikan di Sentul. Jadi beliau akan memaparkan kartu-kartu itu. Kita ingin memberi input pada pemilih supaya melihat program-program terbaik yang mana,” tandasnya. (Merdeka/Destur)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker