Berwirausaha Adalah Solusi Bagi Lulusan Perawat yang Enggan Diimingi Janji Diangkat PNS

Berwirausaha Adalah Solusi Bagi Lulusan Perawat yang Enggan Diimingi Janji Diangkat PNS

Senyumperawat.com – Pintu rejeki bagi seorang manusia itu banyak, jadi tak usah galau. Berwirausaha bisa jadi pilihan solusi bagi lulusan perawat yang enggan terus dijanjikan akan diangkat PNS (Pegawai Negeri Sipil). Masalah yang muncul bagi yang termakan janji itu, akan merelakan dirinya bekerja tanpa digaji sebagai TKS (tenaga sukarela).

Jadi wajar ketika pemerintah kurang memperhatikan nasib para perawat TKS. Sebab, memang dalam regulasi pemerintah yang diakui adalah PNS. Untuk mekanisme penggajian TKS adalah kewenangan dari pihak pemerintah daerah. Memang ada yang akhirnya dipenuhi tapi yang tidak direalisasikan ternyata lebih banyak. Akibatnya, demonstrasi besar-besaran agar diangkat PNS pun bermunculan.

Muat Lebih

Perawat belajar kewirausahaan (Entrepreneurship)

Ini adalah bagian lain dari skill yang mestinya di kampus. Secara pasti, tidak mungkin seluruh lulusan kampus keperawatan bisa diserap oleh instansi pelayanan kesehatan. Pasti ada yang akhirnya memilih jalan lain. Oleh karenanya, kemampuan untuk berwirausaha mestinya sudah dikuasai.

Wirausaha itu sendiri bisa dimaknai dengan proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Perawat bisa berinovasi, mencari peluang, dan mengembangkan bakatnya. Perlu mental yang cukup berani ketika terjun dalam dunia wirausaha.

Beberapa pakar mendefisinikan pula istilah wirausaha itu dengan bekerja sendiri. Maksudnya membangun usahanya sendiri sehingga tidak selalu berada di bawah naungan instansi lain.

Solusi bagi lulusan perawat yang ingin mandiri

Banyak sekali contoh yang bisa dikembangkan oleh perawat yang ingin mandiri. Baik yang berkenaan dengan pelayanan kesehatan atau bahkan di luar itu. Misalnya dengan mendirikan balai pengobatan. Kini, perawat sudah bisa membuka praktik mandiri. Itu adalah salah satu dari contoh pengembangan jiwa entrepreneurship.

Selain itu bisa juga dengan mendirikan toko alat kesehatan. Biasanya, mahasiswa keperawatan akan sering mencari alat kesehatan. Termasuk juga bisa menjadi stockist alat kesehatan bagi rumah sakit atau klinik di sekitar Anda.

Perawat membuka baby spa, mungkin itu juga baik. Pelatihannya sudah marak di mana-mana. Tinggal melihat peluang bagaimana kondisi di sekitar Anda. Mungkin bisa menyaingi tukang pijat bayi di kampung-kampung yang teknik memijatnya tanpa teori anatomi fisiologi yang benar.

Banyak lagi yang lainnya. Tinggal dikembangkan sesuai dengan hobi, Ada baiknya pula Anda bermitra dengan relasi Anda sehingga bisa lebih mudah. Namanya wirausaha akan terasa berat saat Anda hanya membangunnya sendiri.

Termasuk salah satunya juga, menjadi seorang vlogger. Vlog yang membahas soal kesehatan dari sudut pandang perawat sepertinya belum begitu santer tersiar. Mungkin salah satu dari kamu akan mengawalinya. (Destur)

Pos terkait