Beragam Efek Samping Pil KB

Beragam Efek Samping Pil KB

Senyumperawat.com – Metode KB (Keluarga Berencana) ada banyak dan salah satunya dengan Pil KB. Salah satu yang biasanya diedukasi pada para ibu adalah tentang efek samping pil KB. Pil KB disebut juga pil yang cara kerjanya adalah dengan mempengaruhi hormon. Kandungan hormonal dalam pil KB memang tidak memiliki efek samping yang sama pada tiap orang.

Pil KB dibuat dari hormon buatan. Jadi memang ini ada persekongkolan para hormon. Hormon yang digunakan adalah estrogen dan progestin. Untuk penggunaan pil KB ini, harus dengan resep dokter atau tenaga medis setempat. Tentunya agar tidak sembarangan mengonsumsinya sebab efek samping pil KB tidak semua orang bisa mentolerir.

Baca juga:

Efek samping pil KB

Banyak yang bertanya-tanya kenapa kalau pakai Pil KB, badan jadi lebih gemuk. Kemudian ada juga yang efeknya begitu parah di wajah yakni jerawatan. Oleh karena itu, coba kita simak sebenarnya apa saja efek samping pil KB itu.

1. Perubahan nafsu makan

Nafsu makan menjadi lebih tinggi. Karena hal ini, bagi para ibu muda memang harus bersiap mental jika seumpamanya terjadi pembengkakan tubuh. Bengkak karena gemuk. Pil KB dengan dosis estrogen tinggi adalah jenis pil KB yang akan memicu nafsu makan semakin tinggi. Namun tentunya mendiskusikan dengan dokter atau tenaga kesehatan setempat akan lebih baik sebagai informasi sebelum memutuskan.

2. Bikin jerawat parah?

Ada pil KB yang memiliki efek samping memicu jerawat. Namun, ada pula pil KB yang digunakan dokter sebagai salah satu pengobatan untuk jerawat yang membandel. Terdapat dua jenis isi pil KB, yakni pil KB kombinasi (mengandung estrogen dan progesteron) dan pil KB yang hanya berisi progesteron. Dikutip dari tulisan dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dalam Klik Dokter, Pil KB yang hanya mengandung progesteron dapat menyebabkan timbulnya efek samping pil KB berupa jerawat.

Dikutip dari laman Hello Sehat, menurut penelitian yang dilakukan oleh professor Van Vloten Wa, dermatolog asal Belanda, ada pil KB kombinasi yang mengandung jenis progesteron tertentu yang ramah bagi kulit. Kandungan progesteron tersebut mampu mengurangi produksi sebum sehingga dapat menekan jerawat.

3. Berkaitan dengan berat badan

Menurut dr. Mary Jane Minkin, profesor klinis di Yale University School of Medicine, naiknya berat badan akibat pil KB adalah berat badan karena penumpukan cairan. Dalam pil KB terdapat hormon estrogen sintetis yang menyebabkan retensi cairan atau penahanan cairan dalam tubuh. Namun, dengan jenis pil KB rendah estrogen dan dengan progestin tertentu, berat badan bisa lebih stabil.

4. Nyeri haid berkurang

Nyeri haid akan berkurang karena mengonsumsi pil KB. Hal ini karena pil KB menghambat pertumbuhan dinding rahim (endometrium) pada wanita. Peluruhan dinding rahim akan lebih ringan daripada biasanya sehingga nyeri tidak separah sebelumnya.

Pos terkait