7000 Tenaga Kesehatan Telah Didistribusikan Menkes Melalui Program Nusantara Sehat

Senyumperawat.com – Semenjak diluncurkan, program Nusantara Sehat telah berhasil mendistribusikan sebanyak 7000 tenaga kesehatan. Dari mulai tahun 2015, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyasar daerah terpencil. Tenaga kesehatan ini terdiri dari dokter, perawat, bidan dan lain-lain.

Baca juga: Rekrutmen Nusantara Sehat 2019 Periode 1, Tutup 17 Maret Maksimal Usia 48 Tahun

“Nusantara Sehat merupakan sebuah terobosan Kemenkes dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan dari segi pendistribusian dan pemerataan tenaga kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia, terutama di DTPK,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek, seperti dalam keterangan tertulis Jumat (15/3), dilansir Republika.

Baca juga: Kuliahnya Mahal Tapi Gaji Perawat di Bawah UMR

Hingga saat ini, dia menyebutkan, Kemenkes telah melakukan penyebaran tenaga kesehatan NS sebanyak 7.377 peserta Tim dan Individu ke 29 Provinsi di Indonesia. Pada 2015-2018 sebanyak 3.380 peserta NS Tim telah dikirimkan ke 162 kabupaten/kota dari 29 provinsi. Sementara pada 2017-2018 sebanyak 3.997 tenaga kesehatan NS Individu dikirimkan ke 225 kabupaten/kota dari 29 provinsi di Indonesia.

Ia menambahkan, program NS ini mampu meningkatkan jumlah, jenis, sebaran dan mutu tenaga kesehatan, karena melibatkan berbagai profesi tenaga kesehatan terlatih. NS juga merupakan program Kementerian Kesehatan yang fokus pada Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat di DTPK dan daerah bermasalah kesehatan.

Baca juga: Surat Tanda Registrasi (STR) Dianggap Sebagai “Pembunuh” Oleh Mahasiswa Kesehatan

“Peserta NS adalah tenaga kesehatan profesional yang mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik. Saya harapkan dengan keberadaan mereka (peserta NS) dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Peserta program Nusantara Sehat adalah para tenaga profesional kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian. (Republika/Destur)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker