Sulit BAB Saat Hamil, Penyebab dan Solusinya

0
Sulit BAB Saat Hamil, Penyebab dan Solusinya

Senyumperawat.com – Sulit BAB saat hamil atau biasa disebut dengan istilah konstipasi adalah bagian lain dari kenikmatan. Jangan pernah terbesit dalam benak seorang ibu bahwa beratnya proses kehamilan itu bukan nikmat. Perlu diingat, tak semua wanita diberikan karunia merasakan beratnya kehamilan.

Problem yang timbul pada tiap ibu hamil memang tidak bisa disamakan. Tapi untuk perkara sulit BAB saat hamil ini mayoritas merasakannya. Bukan sekedar soal makanan yang dikonsumsi, tapi memang karena proses adaptasi tubuh.

Penyebab sulit BAB saat hamil

Jika Anda mengalami susah BAB ketika hamil, sebenarnya itu berkaitan dengan peningkatan hormon progesteron. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya pergerakan lambung dan meningkatnya waktu transit makanan di lambung. Selain itu penekanan rektum (bagian terbawah usus besar) akibat pembesaran rahim juga dapat menyebabkan konstipasi.

Solusi mengatasi kesulitan BAB ibu hamil

  1. Konsumsi makanan berserat (roti gandum, buah, sayuran)
  2. Konsumsi cukup cairan.
  3. Minum air hangat, bagus juga jika dicampur dengan madu.
  4. Ketika BAB, hindari mengejan berlebihan.
  5. Cobalah untuk bertumpu pada kaki kiri sehingga bagian usus besar tertekan. Namun jika memang kehamilan sudah mulai membesar, ada baiknya BAB dengan posisi duduk. Regangkan badan ke belakang sehingga bagian perut lebih leluasa untuk melakukan aktivitasnya.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.