Skill Wirausaha Mahasiswa Keperawatan Harus Dikembangkan

Skill Wirausaha Mahasiswa Keperawatan Harus Dikembangkan

Senyumperawat.com – Skill wirausaha mahasiswa keperawatan akan menjadi modal untuk berjuang usai lulus. Jadi tidak melulu paradigmanya adalah menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Sebab, tidak semuanya pasti bisa diserap dalam setiap rekrutmen ASN.

Setidaknya dengan bermodal skill wirausaha mahasiswa keperawatan itu punya pandangan pekerjaan. Tantangan dunia kerja tak semudah yang dibayangkan. Hanya orang yang punya skill tertentu saja yang akan tetap berkembang.

Muat Lebih

Seorang mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki kemampuan bidang akademik semata dalam berkarir ketika lulus kuliah, namun juga dibutuhkan kemampuan lainnya sebagai pendukung kesuksesan ketika berkarir dimasyarakat. Sadar akan hal tersebut Program Studi S1 Keperawatan senantiasa mendorong mahasiswanya, untuk bisa terjun dalam berkarir dalam bidang wirausaha.

Dorongan mengasah kemampuan berwirausaha tersebut ditunjukkan melalui wadah Expo Wirausaha sekaligus sebagai wadahjiwa berwirausaha, Selasa (12/4), di Tenis Indoor UNG. Tercatat sebanyak 72 kelompok wirausaha ikut berpartisipasi mempromosikan dan menjajakan produk kreatifitas wirausaha, mulai dari produk fashion, produk kuliner bernilai sehat, produk wirausaha kesenian dan jasa.

Ahmad Djamaludin selaku tim teaching kewirausahaan mengungkapkan, keikutsertaan dalam expo wirausaha merupakan pengembangan kemampuan wirausaha mahasiswa dalam tahapan merencanakan dan mengembangkan produk wirausaha.

“Kemampuan berwirausaha menjadi salah satu skill yang harus dimiliki lulusan keperawatan. Karena kami ingin lulusan keperawatan tidak hanya sukses dalam karir profesi maupun lainnya diluar profesi seperti wirausaha,” ungkapnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, menuturkan, kemampuan berwirausaha menjadi salah satu bekal penting mahasiswa untuk berkarya dan berkarir ketika kembali ke masyarakat. Apalagi peluang dan kesempatan bagi mahasiswa untuk berwirausaha sangat terbuka luas, tinggal bagaimana kreatifitas dan inovasi mahasiswa dapat diekpresikan melalui wadah wirausahan untuk mendatangkan keuntungan pribadi.

“Wadah expo sebagai wadah membangkitkan motivasi sekaligus member pengalaman awal bagaimana terjun berwirausaha. Selanjutnya tinggal bagaimana mahasiswa mematangkan ide, inovasi dan kreatititas yang akan ditawarkan kepada masyarakat melalui produk wirausaha. Saya harap mahasiswa kita tidak hanya sukses dalam karir profesi namun juga karir lain seperti wirausaha,” harapnya. (UNG/Destur)

Pos terkait