Perlu Tindakan Operasi Untuk Jantung Bocor, Mari Bantu Adik Yefa

Perlu Tindakan Operasi Untuk Jantung Bocor, Mari Bantu Afik Yefa
Yefa (12) sejak umur 1 tahun sudah mulai mengalami gangguan jantung lemah. (Foto: Solidaritasmuslim.com)

Senyumperawat.com – Tindakan operasi untuk jantung bocor bukanlah tindakan sepele. Butuh beragam persiapan yang dilakukan. Mulai dari persiapan mental, fisik hingga biaya. Biaya tindakan operasi untuk jantung bocor belum pernah ada yang bilang murah. Maknanya memang bukan tindakan bedah biasa.

Istilahnya disebut dengan PJB (Penyakit Jantung Bawaan). Penyakit jantung ini bisa berupa struktur atau fungsinya. Ada dua jenis PJB yakni ventricular septal defect (VSD) dan atrial septal defect (ASD).

Jenis-jenis penyakit jantung bawaan

1. VSD

Istilah sederhanya bisa dibilang adanya lubang pada sekat bilik jantung. Kondisi medis yang satu ini merupakan kelainan jantung dengan adanya lubang pada sekat antarbilik jantung. Lubang ini yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Kebocoran inilah yang membuat sebagian darah yang kaya oksigen kebali lagi ke paru-paru.

Disebutkan dalam Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bahwa VSD sendiri bisa menyebabkan beberapa masalah berbahaya. Antara lain misalkan gagal jantung, ritme jantung yang tidak teratur, atau hipertensi pulmonal. Hipertensi pulmonal adalah kondisi tekanan di dalam pembuluh darah yang berasal dari jantung menujuju paru-paru terlalu tinggi.

2. ASD

ASD adalah kondisi jantung dimana terdapat lubang di antara dua serambi jantung. Lubang yang memisahkan atrium kiri dan kanan ini akan membuat darah yang kaya oksigen mengalir kembali ke paru-paru.

Disebutkan oleh American Heart Association (AHA), anak-anak dengan ASD umumnya tidak memiliki gejala bila lubang yang tercipta berukuran kecil. Jika suara jantung didengar melalui stetoskop, akan terdengar suara jantung yang abnormal (murmur jantung).

Mari bantu adik Yefa untuk operasi jantung bocor

Yefa (12) sejak umur 1 tahun sudah mulai mengalami gangguan jantung lemah. Hingga akhirnya ketika Yefa duduk di bangku kelas 5 SD harus menjalani tindakan operasi untuk jantung bocor.

Anak semata wayang dari keluarga mualaf ini kondisi badannya sangat lemah, dan saat ini sedang menunggu untuk menjalani operasi di RSUP DR Sarjito Yogyakarta.

Pracoyo (35) yang seorang buruh serabutan dan Sri Wahyuni (33) yang setiap harinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini sangat kesulitan kalau harus menanggung biaya operasi tersebut.

Keluarga kecil ini tinggal di Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan kondisi Yefa sangat lemah, dia terpaksa banyak meninggalkan pelajaran sekolah dan aktifitas sorenya yakni TPA di masjid Baiturrahim.

Begitu juga dengan ibunya yang selama ini aktif ngaji di majlis taklim masjid tersebut. Mari ringankan beban keluarga mualaf ini, dengan membantu biaya operasi Yefa, agar Yefa bisa aktif sekolah lagi dan TPA di kampungnya.

Salurkan donasi Anda

[ads_custom_box title=”” color_border=”#3697ff”]

  • Rekening BNI Syariah 0359696372
  • BSM 7151120142;

Keduanya atas nama Solidaritas Muslim. Untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal 900 (sembilan ratus) di akhir donasi anda. Konfirmasi: 0813 2618 2211 atau WhatsApp disini (http://bit.ly/ConfirmDonasiSM). (SM/Destur)

[/ads_custom_box]

Pos terkait