Kapan Waktu yang Tepat Periksa USG Untuk Melihat Jenis Kelamin Janin

0
Kapan Waktu yang Tepat Periksa USG Untuk Melihat Jenis Kelamin Janin
Foto: Alvin & Larissa Chou (Kapanlagi.com)

Senyumperawat.com – Sebagian besar keluarga yang tengah berbahagia dengan kehamilan, pasti bertanya-tanya kapan waktu yang tepat USG untuk melihat jenis kelamin janin. Termasuk di antara rasa kebahagiaan itu adalah ingin segera melihat janinnya bergerak. Menendang-nendang perut dan beraktivitas dalam pertu ibu. Momen yang begitu bernilai apalagi itu adalah buah dari penantian panjang pernikahan.

Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) sangat membantu untuk memprediksi jenis kelamin janin. Kendati tidak bisa dipastikan 100% positif, tapi setidaknya ada gambaran.

Baca juga:
  1. 7 Manfaat USG yang Harus Ibu Ketahui
  2. Efek USG Apakah Bahaya?
  3. Plasenta Akreta, Awas Bahaya Bagi Nyawa Ibu dan Janin

USG juga bisa memberikan informasi seputar tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jadi ketika ada sesuatu hal yang dirasa bermasalah, akan lebih cepat diketahui.

Kapan periksa USG untuk melihat jenis kelamin janin?

Umumnya jenis kelamin janin bisa dilihat pada usia kehamilan 18-20 minggu. Bisa dilihat juga kondisi plasenta, apakah letaknya normal atau tidak. Saat pemeriksaan juga bisa dilihat ukuran janin saat usia itu. Berat janin juga bisa dikira-kira sehingga pertambahan beratnya bisa dipantau.

Denyut jantung juga akan begitu jelas jika dilihat dengan USG. Satu hal yang perlu diperhatikan saat sudah mengetahui jenis kelamin janin dengan USG, jangan buru-buru beli perlengkapan. Tak sedikit memang ada kasus hasil pemeriksaan USG berbeda dengan saat lahir.

Jadi awalnya sudah beli perlengkapan bayi perempuan. Tapi ketika lahir ternyata laki-laki. Maka akan lebih baik, jadikan hasil USG itu sebagai taksiran saja. Kalau sekedar mencari nama mungkin tidak akan kerepotan nantinya.

Fungsi pemeriksaan USG

Pemeriksaan USG adalah prosedur diagnosis untuk mendeteksi abnormalitas dan kondisi selama kehamilan. Pemeriksaan USG dilakukan sesuai indikasi medis. Lalu, apa saja ya fungsi USG kalau diklasifikan berdasarkan usia kehamilan?

  1. Trimester I: untuk mengkonfirmasi kehamilan, konfirmasi denyut jantung, mengukur CRL (Crown rump length) dan usia gestasi, mengkonfirmasi kehamilan ektopik dan melihat gestasi abnormal.
  2. Trimester II: untuk mendioagnosis malformasi fetus (Minggu ke-13 hingga ke-14 digunakan deteksi sindrom down, minggu 18-20 untuk melihat malformasi kongenital). Selain itu untuk mendeteksi abnormalitas struktur, mengkonfirmasi kehamilan ganda (kembar), verifikasi pertumbuhan dan usia kehamilan, konfirmasi kematian janin, identifikasi oligo/poli hidramnion, dan evaluasi gerakan janin.
  3. Trimester III: untuk mendeteksi lokasi plasenta, konfirmasi kematian intrauterin, melihat presentasi fetus dan gerakan fetus, dan mengidentifikasi abnormalitas rahim dan panggul ibu.

Tinggalkan Komentar