Cara Simpel Menyimpan ASI, Bisa Tahan Lama

Cara Simpel Menyimpan ASI, Bisa Tahan Lama

Senyumperawat.com – Para ibu pasti perlu mengetahui cara simpel menyimpan ASi (Air Susu Ibu). Kadang, ibu yang cukup sibuk memerlukan waktu yang lama berpisah dengan anaknya. Akibatnya, mengharuskan ia memeras ASI untuk disimpan di rumah. Kemudian diberikan kepada si kecil oleh orang rumah.

ASI memang bisa bertahan cukup lama. Namun tentunya tergantung teknik penyimpanan yang dilakukan. Ada beberapa cara simpel menyimpan ASI yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Muat Lebih

Penting, makin lama disimpan maka gizi berkurang

Semakin lama ASI disimpan, tentunya kualitas zat gizi dalam ASI menjadi berkurang. Maka, memang tetap yang terbaik adalah memberikan ASI itu langsung dari sumbernya. Tips yang menjadi pilihan untuk menyimpan ASI adalah dengan menjaga suhunya agar tetap dingin. Dalam makna, Anda harus memiliki pendingin jika mau menyimpan ASI.

Cara simpel menyimpan ASI dan waktu gunanya

Tiap cara penyimpanan ASI memiliki waktu kadaluarsa yang berbeda. Ada yang dalam hitungan jam, hari hingga minggu. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara Simpel Menyimpan ASI, Bisa Tahan Lama

Penting, selalu jaga kebersihan alat

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Untuk menyimpan ASI, diperlukan beberapa alat bantu. Pastikan alat itu selalu bersih.

  1. Jaga pompa tetap steril
  2. Cuci dengan air mengalir
  3. Gunakan sabun khusus,
  4. Lakukan sterilisasi dengan merebus di suhu 100 oC
  5. Cuci tangan sebelum memerah ASI untuk meminimalkan kontaminasi bakteri
  6. Gunakan penyimpanan steril, gelas, botol bebas BPA, atau plastik khusus ASI.

Pos terkait