Bekerja Saat Hari Libur, Perawat Banget

Senyumperawat.com – Seorang perawat belum bisa disebut “perawat banget” kalau belum merasakan bekerja saat hari libur. Mungkin begitu gambaran profesi yang mana banyak kampusnya menjamur itu. Walaupun kampus dan lulusannya sangat banyak, faktanya belum terserap dengan baik. Itu bagian dari suka-duka sebagai perawat.

Baik, kali ini kita akan membahas profesi-profesi yang masih bekerja saat hari libur. Tentu salah satunya perawat itu tadi. Pokoknya kalau belum menghabiskan hari libur di klinik atau rumah sakit, sepertinya belum “perawat banget”.

7 profesi yang masih sibuk saat weekend

Setidaknya ada 10 profesi yang masih tetap sibuk di hari libur. Khususnya libur akhir pekan (weekend).

1. Tenaga kesehatan

Tenaga kesehatan yang bertugas di klinik atau rumah sakit, memiliki jadwal jaga. Jadwal itu terbagi menjadi tiga yakni jaga pagi, sore dan malam. Petugas rumah sakit misalnya, kita pasti pernah membayangkan jika sehari saja rumah sakit libur. Entah akan berapa korban jiwa pada satu hari itu yang tak terselamatkan. Begitu pentingnya fasilitas kesehatan itu sehingga ia tak pernah ada hari libur.

2. Polisi

Polisi memiliki peran sentral dalam sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena pentingnya itulah, posisi polisi sebagai penjaga keamanan tidak boleh ada liburnya. Sama seperti petugas kesehatan, mereka juga ada jadwal jaga. Mereka sudah berjaga saja masih banyak maling dan begal, apalagi kalau sehari saja mereka libur. Entah akan seperti apa carut-marutnya keamanan di negeri ini.

3. Jurnalis

Mencari berita, mengeditnya hingga mempublikasikannya, itu pekerjaan yang tak ada waktu libur. Harus selalu dikabarkan karena sehari saja berita itu terlewat, maka ia bisa dianggap basi. Tugas wartawan adalah meliput segala peristiwa terkini dan teraktual. Dan peristiwa tersebut bisa kapan saja terjadi tanpa mengenal hari sehingga profesi wartawan pun menjadi profesi yang sangat jarang mendapatkan libur.

4. Petugas transportasi

Kalau tukang ojek libur, itu suka-suka mereka. Tapi kalau sekelas angkutan massal semisal bus, kereta, kapal laut dan pesawat libur total, aktivitas publik akan terganggu. Ketika hari libur, justru mayoritas orang akan banyak menggunakan sarana transportasi. Di situ jika pemilik transportasi meliburkan usahanya justru ia akan kehilangan banyak pendapatan. Itu resiko yang mesti diterima bagi para sopir, masinis, nahkoda dan pilot.

5. Customer Service

Karyawan yang bertugas di bagian customer service harus selalu sedia di kursi dan teleponnya. Terlebih yang memang memerlukan respon cepat. Misalnya kalau di Amerika ada CS yang melayani urusan publik. Mereka akan selalu menerima aduan dari warganya. Bahkan mereka yang membantu menghubungi pihak tertentu sesuai keperluannya. Misalkan pemadam kebakaran, ambulan, polisi hingga urusan hewan liar.

6. Pegawai swalayan

Di kota besar, tak sedikit swalayan yang akan tetap buka di hari libur. Alasannya adalah tentunya pendapatan yang melimpah justru di hari libur. Ketika banyak pegawai kantoran memanfaatkan weekend, salah satu pilihan mereka biasanya ke pusat perbelanjaan. Sudah resiko jika bekerja di balik meja kasir, harus sabar menikmati hari liburnya dengan bertugas.

7. Petugas pemadam kebakaran

Sama seperti polisi, mereka harus siap siaga. Kapan pun panggilan untuk suatu musibah kebakaran atau semacamnya, mereka harus siaga. Pekerjaan yang penuh resiko. Jadi jangan ragu untuk memberi mereka jalan ketika sedang bertugas. Ada banyak nyawa yang bisa terselamatkan ketika mereka segera sampai di tempat tujuan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker