Bantu Adik Ayu Untuk Sembuh dari Tumor Mata

0
Bantu Adik Ayu Untuk Sembuh dari Tumor Mata
Tim Bantu Keluarga Muslim berkesempatan silahturahim ke rumah Adik Ayu Padhilah yang didiagnosis menderita tumor mata di Kampung Ciakar, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

Senyumperawat.com – Menjadi sebuah ujian tersendiri kala seorang anak menderita tumor mata. Kita ketahui bahwa tumor adalah salah satu penyakit berbahaya. Penderitanya akan begitu menderita karena penyakit ini.

Tidak semua tumor itu adalah kanker dan begitu pun sebaliknya, dikutip dari laman Hello Sehat. Pada dasarnya, tumor adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu. Tumor terjadi jika sel-sel tubuh membelah dan tumbuh secara berlebihan.

Apabila pertumbuhan sel tersebut hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu dan tidak menyebar, maka hal tersebut adalah tumor jinak. Sementara sel tumor yang menyebar ke bagian tubuh lain disebut dengan tumor ganas atau kanker.

Ya, kanker atau tumor ganas adalah hal yang sama, yaitu pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal dan bersifat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Keduanya memang terlihat mirip namun berbeda dalam beberapa hal.

Persamaan antara kanker dan tumor

Banyak orang yang menganggap bahwa kanker dan tumor itu sama, sebab memang terdapat beberapa kemiripan sifat yang dimiliki keduanya. Berikut adalah kemiripan dari kanker dan tumor:

  • Keduanya sama-sama bisa tumbuh cukup besar. tumor jinak ataupun kanker bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar sekali pun.
  • Kanker dan tumor, keduanya sama-sama berbahaya. Meskipun memang kanker masih lebih berbahaya dibandingkan dengan tumor jinak, namun jangan menganggap remeh tumor jinak yang tumbuh. Beberapa kasus tumor jinak akan sangat berbahaya, seperti tumor otak yang dapat menghancurkan struktur otak secara perlahan.
  • Keduanya dapat kambuh lagi di kemudian hari. Jika pengobatan kanker dan tumor tidak dilakukan secara tepat dan masih ada sel abnormal yang tertinggal di dalam tubuh, maka bukan tidak mungkin keduanya akan muncul kembali di bagian tubuh yang sama.

Perbedaan antara kanker dan tumor

Meskipun ada beberapa persamaan, namun kanker dan tumor tetaplah kedua hal yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan yang dimiliki keduanya, yaitu:

  • Pertumbuhan kanker lebih cepat. Sel kanker memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, sementara sel tumor tidak.
  • Kanker mampu untuk menyebar ke bagian tubuh lain. Tidak seperti sel tumor yang hanya tumbuh dan menetap pada salah satu bagian tubuh saja, sel kanker mampu untuk menyebar dengan cepat ke bagian tubuh mana pun.
  • Lokasi kekambuhan. Pada tumor jinak, biasanya kekambuhan akan terjadi lagi pada bagian tubuh yang sama seperti kasus sebelumnya. Tetapi pada kanker, kekambuhan bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun.
  • Pengobatan yang berbeda. Tumor jinak biasanya cukup dihilangkan dengan cara dioperasi dan diambil semua jaringan tumor yang sedang tumbuh tersebut. Namun pada kasus kanker, pengobatannya sedikit lebih kompleks. Sel kanker yang bersifat menyebar dan tumbuh dengan cepat harus dimatikan dulu dengan obat kemoterapi atau radiasi. Kemudian, tumor ganas tersebut baru akan dioperasi, diangkat sisa-sisa selnya.

Derajat tumor

  • Tumor derajat I dikenal sebagai tumor yang berdiferensia baik, struktur dan fungsinya hampir menyerupai jaringan asal.
  • Tumor derajat II dikenal sebagai tumor berdiferensia secara moderat, struktur sel dengan beberapa imaturitas.
  • Tumor derajat III dikenal sebagai tumor berdiferensiasi buruk, dengan struktur sel imatur dengan sedikit kemirirpan dengan jaringan normal.
  • Tumor derajat IV yaitu tumor yang tidak menyerupai jaringan asal dalam struktur atau fungsinya disebut tumor berdiferensiasi buruk atau tidak bisa berdiferensiasi.

Bantu adik ayu untuk sembuh dari tumor mata

Tim Bantu Keluarga Muslim berkesempatan silahturahim ke rumah Adik Ayu Padhilah. Ia pada awalnya didiagnosis menderita tumor mata. Ia tinggal beserta keluarganya di Kampung Ciakar, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

Rumah orang tua adik Ayu Padhilah sangat sederhana. Tim harus berjalan 500 meter ke lokasi masuk gang kecil melewati pematang sawah. Alhamdulillah akhirnya tim bisa bertemu dengan Ibu serta Adik Ayu Padhilah.

Tujuan Tim Bantu Keluarga Muslim tentunya menyerahkan amanah donasi yang telah terkumpul. Donasi berasal dari Donatur Keluarga Muslim Indonesia.

“Kemarin setelah di bawa ke RS Hasan Sadikin Bandung terdiagnosis ini adalah Kanker Darah (Leukimia) lalu dilakukan tindakan Kemotrapi pertama dan nanti bulan harep di lanjutken dei” Ujar Ibunda Ayu.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan untuk Ayu, semoga yang memberikan di kasih rejeki, panjang umur dan urusana di mudahken Allah” tambahnya.

Tim Bantu Keluarga Muslim mengucapkan Jazakumullah khair kepada keluarga muslim Indonesia. Khususnya yang telah mendonasikan bantuan pengobatan untuk Adik Ayu Padhilah.

Salurkan donasi:

Bank Syariah Mandiri 7115 808081 An. BANTU KELUARGA MUSLIM

Informasi:

  • 0813 9802 6879
  • 0822 9798 5566

Tinggalkan Komentar