5 Negara Tujuan TKI Perawat dan Estimasi Gajinya

0
5 Negara Tujuan TKI Perawat dan Estimasi Gajinya
Foto: Study.com

Senyumperawat.com – Banyak negara yang membutuhkan kontribusi TKI perawat. Mulai dari negara Asia dan juga negara Eropa. Namun, selama ini BNP2TKI masih fokus untuk merambah kancah Asia.

Walaupun, di awal tahun 2019 ini pemerintah sudah membuka jalan bagi perawat untuk ke Belanda. Negara dimana tidak sedikit legenda pesepak bola lahir di sana.

5 negara destinasi TKI perawat

Berikut ini adalah 5 negara yang membuka peluang bagi TKI perawat berkarya. Jika dibandingkan dengan gaji perawat di Indonesia, 1 bulan gajian di sana setara dengan 1 tahun kerja di Indonesia.

1. Jepang

Negeri sakura ini menjadi alternatif tujuan pertama bagi perawat Indonesia. Hal ini didukung oleh nota kerjasama pemerintah dengan Jepang melalui G to G. Program unggulan salah satunya adalah pengiriman tenaga profesional perawat.

Dengan populasi lansia yang semakin tinggi, Jepang membutuhkan banyak tenaga perawat geriatri. Setidaknya sekitar 35 ribu sampai dengan 40 ribu perawat dibutuhkan oleh Jepang dalam tenggat waktu 5 tahun ke depan, dikutip dari detik.

“Persyaratannya ketat, terutama soal bahasa. Jadi kita harus mempersiapkan kalau calon tenaga kerja itu bagaimana mereka mendapat belajar bahasa, supaya datang ke sini tuh enggak nol jadi tinggal dipoles lagi. Vietnam juga kirim dan mereka sudah ‘panggang’ sebelum berangkat,” ungkap Arifin Tasfir, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Jepang.

2. Korea Selatan (Korsel)

Korea Selatan juga jadi salah satu negara di Asia yang membutuhkan tenaga kerja perawat dari Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dikutip dari detikFinance pada tahun 2015 mulai membuka 1.000 lowongan untuk perawat Indonesia ke Korea Selatan.

3. Belanda

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan kalau saat ini Belanda membutuhkan ribuan perawat dari Indonesia. Mereka yang lolos uji kompetensi bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 25-30 juta per bulan.

“Ini tentu menjadi peluang kerja baru bagi pekerja Indonesia untuk menjadi perawat di Belanda. Selama ini perawat kita leih banyak bekerja di Jepang dam Korea Selatan,” kata Hanif dalam situs resmi Kemnaker dan dikutip pada Rabu (13/2/2019).

4. UEA (Uni Emirat Arab)

Uni Emirat Arab dan beberapa negara di wilayah Timur Tengah juga membuka lowongan pekerjaan untuk perawat Indonesia. Dikutip dari situs resmi BNP2TKI ratusan perawat dibutuhkan untuk bekerja di rumah sakit dengan gaji mencapai sekitar Rp 15 juta.

5. Australia

Negara tetangga, Australia, juga membuka lowongan pekerjaan untuk para perawat Indonesia. Kepala BNP2TKI Nusron Wahid beberapa waktu lalu mengatakan kalau kebanyakan tenaga perawat dibutuhkan untuk lansia dan anak-anak.

“Di tingkat pertama, di mana perawat harus bisa melakukan penyuntikan dan pembagian obat, mungkin sulit bagi perawat kita memenuhi standar di Australia. Namun di tingkat kedua seperti melakukan tugas membantu orang tua dan anak-anak, hal tersebut bisa dilakukan,” kata Nusron seperti dikutip dari detiknews.

Tinggalkan Komentar