Makanlah Alpukat Agar Kandungan Subur, Bener Nggak?

0
agar kandungan subur, makanlah alpukat

Senyumperawat.com – Orang tua Anda mungkin menganjurkan Anda untuk mengonsumsi buah alpukat agar kandungan subur. Tentunya orang tua dan khususnya mertua sering bertanya kala pernikahan sudah berlalu lama namun belum ada kabar kehamilan. Nah, sebenarnya benarkah alpukat bisa bikin kandungan subur. Mari kita pelajari bersama.

Agar kandungan subur, konsumsilah alpukat

Alpukat menjadi salah satu alternatif untuk menjawab kegundahan para istri yang tak kunjung hamil. Ada penelitian yang menunjukkan fakta menarik ini. Dalam literatur tersebut disebutkan bahwa konsumsi alpukat dan salad dengan campuran minyak zaitun dapat membantu wanita mendapatkan keturunan. Hal ini berlaku khususnya bagi mereka yang tengah menjalani program bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF).

Peneliti berpendapat, lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak bunga matahari, kacang-kacangan, dan biji lebih baik ketimbang jenis lemak lain untuk calon ibu. Mereka yang mendapatkan asupan lemak tak jenuh paling tinggi memiliki peluang kehamilan 3,4 kali lebih besar setelah IVF ketimbang yang mengonsumsi dalam jumlah terendah.

Sebaliknya, pada wanita yang mengonsumsi lemak jenuh terlalu banyak umumnya ditemukan dalam mentega dan daging merah, produksi sel telur mereka cenderung lebih sedikit sehingga memengaruhi keberhasilan program IVF.

Pendapat pakar tentang manfaat alpukat

Para ilmuwan percaya bahwa lemak tak jenuh tunggal yang sudah dikenal baik untuk jantung dapat meningkatkan kesuburan dengan menurunkan peradangan dalam tubuh. Hasil riset ini akan dipresentasikan dalam European Society of Human Reproduction and Embryology di Istanbul.

“Jenis makanan yang paling baik untuk dimakan adalah alpukat, yang tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal dan minyak zaitun,” kata Profesor Jorge Chavarro, pemimpin riset ini.

“Ini adalah pertama kalinya untuk pengetahuan kita bahwa lemak makanan berkaitan dengan hasil pengobatan pada bayi tabung,” katanya.

Prof Chavarro meneliti 147 wanita yang menjalani program bayi tabung di Massachusetts General Hospital Fertility Center. Dalam kajiannya, ia menemukan hubungan antara tingginya kandungan lemak tak jenuh tunggal dan angka kelahiran hidup.

Asupan tinggi lemak tak jenuh tunggal terkait dengan peluang kehamilan yang lebih tinggi 3,4 kali lipat dibandingkan mereka yang hanya mendapat sedikit asupan lemak tak jenuh tunggal.

“Berbagai jenis lemak diketahui memiliki efek yang berbeda pada proses biologi yang dapat memengaruhi hasil reproduksi, seperti tingkat peradangan atau sensitivitas insulin,” kata Chavarro, yang menambahkan bahwa ikan tetap merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, meskipun dalam penelitian ini tidak dijabarkan kontribusinya.

Sumber: kompas.health.com & bidanku.com

Tinggalkan Komentar