Jadwal UKom Keperawatan 2019, D3 Bayar 225K dan Ners Bayar 275K

Senyumperawat.com – Jadwal UKom keperawatan 2019 ini kami sadur dari laman resmi Ristekdikti. Tentunya momen ini dinantikan bagi yang ingin segera puany STR (Surat Tanda Registrasi) perawat. Ukom (ujian kompetensi) keperawatan adalah bagian dari syarat untuk mendapatkan STR. Walaupun memang sebagian besar menilai itu mempersulit langkah mereka mencari kerja.

Belum lagi, biaya yang tidak kecil itu mereka keluarkan. Iya jika lulus, soalnya kadang sekali ikut UKom keperawatan belum lulus. Terpaksa menanti jadwal UKom keperawatan 2019 ini bagi yang sebelumnya gagal. Dan harus membayar penuh lagi.

Dalam rangka penjaminan mutu dan standardisasi kompentensi lulusan pendidikan Program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Pendidikan ProfesiNers, maka dilakukan uji kompetensi nasional sebagai bagian dari proses evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan diatur melalui Permenristekdikti No.12 tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan.

Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan uji kompetensi nasional tahun 2019, mohon Bapak dan Ibu selaku pimpinan institusi untuk memperhatikan dan mempersiapkan hal-hal penting sebagai berikut:

Syarat mengikuti ujian kompetensi

Peserta Uji Kompetensi adalah mahasiswa dan lulusan dari program studi Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang masih berlaku, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendidikan;
  2. Lulusan setelah bulan Agustus 2013 yang sudah memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi, namun belum memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi;
  3. Peserta yang tidak lulus uji kompetensi pada periode sebelumnya.

Calon peserta uji kompetensi harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Untuk itu, pimpinan institusi harus memastikan semua calon peserta uji yang memenuhi kriteria sebagai mana dimaksud pada klausul 1 (satu) terdaftar pada PD-Dikti.

Pendaftaran online ujian kompetensi 2019

Pendaftaran calon peserta uji kompetensi dilakukan melalui sistem registrasi online dengan batas waktu 16 Januari – 30 Januari 2019 dan alamat laman sebagai berikut:

  1. Uji kompetensi DIII Kebidanan: ukbidan.ristekdikti.go.id
  2. Uji kompetensi DIII Keperawatan: ukperawat.ristekdikti.go.id
  3. Uji kompetensi Pendidikan Profesi Ners: ukners.ristekdikti.go.id

Uji kompetensi nasional diselenggarakan oleh panitia nasional sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No 42/M/KPT/2018 tentang Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Keperawatan dan Pendidikan Kebidanan pada periode sebagai berikut:

Jadwal ujian kompetensi keperawatan 2019

Periode I kali ini akan diselenggarakan menurut program studi peserta yang ikut pada jadwal UKom keperawatan 2019, kebidanan dan Profesi Ners. Sebagai berikut jadwalnya:

  • DIII Kebidanan 8-9 Maret 2019
  • DIII Keperawatan 22-23 Maret 2019
  • Profesi Ners 15-16 Maret 2019

Biaya pelaksanaan uji kompetensi sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 307/M/Kp/IV/2015 tentang Satuan Biaya Penyelenggaraan Uji Kompetensi Program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners adalah sebagai berikut Profesi Ners adalah sebagai berikut

  1. Program Diploma III Kebidanan dan Diploma III Keperawatan sebesar Rp 225.000,-(dua ratus dua puluh lima ribu rupiah)
  2. Program Pendidikan Profesi Ners sebesarRp 275.000,- (dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah).

Biaya pelaksanaan uji kompetensi sebagaimana dimaksud pada klausul 5 merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang penggunaannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker