Cara Mengatasi Cegukan Menurut Medis

0
Cara Mengatasi Cegukan Menurut Medis

Senyumperawat.com – Cara mengatasi cegukan bagi tiap orang mungkin beranjak dari pengalaman. Ada yang bilang jika dikagetin bakal sembuh. Ada juga yang nganjurin minum banyak biar segera cegukannya hilang.

Sebelum kita bahas cara mengatasi cegukan, ada baiknay kita pahami dulu apa itu cegukan. Cegukan bisa terjadi jika diafragma, otot di dasar paru-paru mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan.

Penyebab cegukan

National Library of Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal adalah pemicu cegukan. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.

Ada baiknya kita hindari pemicu itu supaya tidak mengalami cegukan. Sebab yang namanya cegukan itu kadang sangat mengganggu. Apalagi suaranya.

Cara mengatasi cegukan

Berikut ini tindakan yang efisien untuk mengatasi cegukan. Cobalah salah satunya terlebih dahulu. Jika cara satu belum berhasil, baru coba cara berikutnya.

  1. Menahan napas beberapa saat. Lakukan selama yang kamu bisa. Setelah itu hembuskan. Kemudian jika masih muncul cegukannya, cobalah menahan nafas lagi.
  2. Minum segelas air dingin. Dengan minum, termasuk di dalamnya juga menahan nafas sehingga dapat mengatasi cegukan.
  3. Makan sesendok gula. Semoga berhasil.

Jika cegukan terjadi hingga lebih dari sehari, kamu perlu mewaspadai adanya gangguan yang lebih serius. Segera konsultasikan dengan dokter. [National Library of Medicine,USA]

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.