Begini Cara 3M Plus yang Benar Buat Mencegah DBD

Senyumperawat.com – Kita akan sering mendengar istilah 3M PLUS kalau bicara soal DBD (Demam Berdarah Dengue). Sebenarnya apa sih itu. Apakah cara kita menerapkan 3M Plus selama sudah benar. Atau justru selama ini Anda adalah bagian dari orang yang belum pernah sekalipun mengenal istilah 3M Plus.

Setelah membaca tulisan ini, segeralah bertobat dan kembali ke jalan yang benar. 3M Plus dalam penerapannya adalah untuk mencegah jentik nyamuk penyebab DBD merajalela. Tidak sedikit kasus di mana kejadian DBD ini bermula dari pola hidup bersih dan sehat yang kurang optiimal digalakkan di suatu daerah.

Bagaimana langkah 3M Plus?

Berikut ini mari kita baca perlahan dan dipahami. Semoga dapat dipraktikkan di rumah dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

1. Menguras

M yang pertama yaitu menguras. Yaitu kegiatan membersihkan tempat-tempat yang bisa menampung air seperti bak mandi, ember, tong, drum, penampung air dari lemari es, pot bunga yang tidak terpakai, plastik-plastik yang dapat menampung air hujan, dll. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang bisa dijadikan sarang nyamuk, terutama telur dan jentik nyamuk.

2. Menutup

M yang kedua yaitu menutup. Menutup tempat-tempat tersebut dengan rapat seperti menutup sumur, tong, drum, toren air, dll. Menutup disini fungsinya agar nyamuk tidak bisa menyimpan telurnya.

3. Mendaur ulang

Dulu M ketiga Mengubur, sekarang menjadi Mendaur ulang dan memanfaatkan kembali sampah-sampah yang berpotensi untuk tempat penyimpanan telur dari nyamuk. Contoh yang mudah ketika ada ember yang tidak terpakai bisa kita di jadikan sebagai pot bunga.

4. PLUS

Di atas adalah 3M yang dimaksud. Kemudian berikut inilah Plus yang juga harus diterapkan. Plus disini adalah hal-hal lain yang dapat kita lakukan sebagai pencegahan DBD:

  • Menggunakan obat nyamuk, seperti obat nyamuk oles atau semprot agar terhindar dari gigitan nyamuk
  • Menghindari gigitan nyamuk pada pagi dan sore hari karena nyamuk Aedes Aegypti menggigit pada waktu tersebut
  • Menggunakan kelambu ketika tidur
  • Menaburkan bubuk abate di tempat-tempat penampungan air
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk, misal lavender, dll
  • memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk Jika memungkinkan
  • Menghindari kebiasaan menggantungkan pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi sarang nyamuk

Demikian langkah penerapan 3M Plus yang benar. Semoga Anda dan keluarga selalu dalam lindungan Allah.

This website uses cookies.