5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

0
5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Senyumperawat.com – Cara menjaga kesehatan saat musim hujan secara umum sebenarnya sama. Hanya pengemasan dalam bahasa saja yang mungkin sedikit berbeda. Menjaga kesehatan saat musim mulai labil, memang tak mudah. Banyak faktor yang membuat hal itu tak mudah.

Misalkan kita mengalami kondisi beban kerja yang berlebih. Maka badan akan mudah sekali tumbang. Seperti halnya ranting pohon, jika digantungi beban yang berat maka lama-lama bisa patah.

Faktor lain, ketika badan sudah terlalu lelah lalu ada rekan kerja yang sakit lebih dulu. Otomatis penularan kepada tubuh Anda akan semakin mudah.

5 cara menjaga kesehatan saat hujan

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan di musim hujan,

  1. Rajin cuci tangan
    Cuci tangan dengan air dan sabun bisa membasuh kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan. Kuman memang lebih mudah menyebar di musim hujan.

  2. Makan makanan bergizi
    Salah satu cara ampuh mencegah penyakit yaitu dengan memastikan kebutuhan nutrisi telah terpenuhi. Jadi, perbanyak makan buah dan sayur serta sumber protein sehat seperti kacang-kacangan dan ikan.

  3. Pakai masker
    Saat bepergian atau ketika harus seruangan dengan orang yang sakit, selalu gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit seperti pilek.

  4. Tidur yang cukup
    Istirahat yang cukup bisa membantu mendongkrak sistem imun. Dengan begitu, bila ada kuman penyebab penyakit yang menyerang, tubuh sudah siap menghalaunya.

  5. Minum suplemen atau probiotik
    Suplemen seperti vitamin C atau probiotik punya peran penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama di musim hujan yang rentan penyakit.

Tips jitu menjaga kesehatan

Satu lagi tips jitu untuk menjaga kondisi tubuh dalam kondisi apa pun adalah dengan memohon kesehatan pada Allah. Silakan hafalkan doa di bawah ini. Doanya cukup singkat dan mudah dipraktikkan. Insya Allah akan dijaga oleh Allah dari beragam penyakit.

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta.
“Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah, sehatkanlah pengelihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Doa ini dianjurkan untuk dibaca setiap pagi dan petang sebanyak tiga kali. Hal ini sebagaimana disebutkan dalama hadis riwayat Imam Thabrani dari Abdurrahman bin Abi Bakrah, dia berkata;

سَمِعْتُ أَبِي يَدْعُو بِهَذَا الدُّعَاءِ اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي ، لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ ” غُدْوَةً وَعَشَيَّةً قَالَ : يَا بُنَيَّ ، إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو بِهِ ، وَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَسْتَنَّ بِسُنَّتِهِ

“Saya mendengar bapakku berdoa dengan doa ini; “Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta,” setiap pagi dan petang. Kemudian dia berkata, wahai anakku, saya mendengar Rasulullah saw. berdoa dengan doa ini dan saya senang untuk mengikuti kebiasannya.”

Dan jika kita dalam keadaan sakit, maka dianjurkan untuk membaca doa ini terlebih dahulu kemudian ditiupkan pada obat dan air yang hendak kita minum, dengan izin Allah akan lebih mujarab dan cepat disembuhkan oleh Allah.

Tinggalkan Komentar