Mengurus STR Sampai Selesai dan Memperpanjangnya

Mengurus STR Sampai Selesai dan Memperpanjangnya
Pict: https://www.allnursingschools.com

Senyumperawat.com – Mengurus STR sampai selesai memang membutuhkan kesabaran. Bagaimana tidak, sudah banyak kasus yang dicurhatkan lewat media sosial tentang lamanya proses itu. Syarat mengurus STR (Surat Tanda Registrasi) perawat sudah dipenuhi, semua proses sudah dilalui, tapi penantiannya itu seperti menanti musim semi saat musim gugur.

Sebagai perawat, tentu sudah tidak asing lagi dengan pentingnya STR. Bagi yang ingin berkarya dengan memanfaatkan kemampuan keperawatannya, STR menjadi syarat wajib.

Muat Lebih

Kewajiban memiliki STR bagi setiap tenaga kesehatan telah diatur dalam peraturan perundang-undangan salah satunya UU No. 36/2014 tentang tenaga kesehatan dan beberapa undang-undang lainya termasuk Undang-Undang No. 38/2014 tentang keperawatan.

Penuhi dulu syarat mengurus STR

Persyaratan berkas STR manual yang diuruskan melalui Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) ada beberapa macam. Berikut ini rinciannya:

  1. Ijasah dan Transkip (DIII Keperawatan, Ners, dan Ners Spesialis)
    KTP
  2. Sertifikat Kompetensi (Serkom) yang didapatkan sejak ditetapkan lulus Ujian Kompetensi (UKOM). Serkom ditanda tangani oleh Ketua Umum PPNI.
  3. Pembayaran ke PNBP (Rp. 100.000) bukti transfer aslinya disimpan
  4. Rekomendasi PPNI untuk pengurusan STR diterbitkan oleh DPW (Dewan Pengurus Wilayah) PPNI Provinsi (dikeluarkan jika yang bersangkutan telah terdaftar sebagai anggota PPNI atau memiliki KTA/NIRA).
  5. Pasfoto (4×6).
  6. Surat keterangan sehat dari dokter.

Memperpanjang STR

Persyaratan untuk perpanjangan STR bagi perawat sebagai berikut (perpanjangan STR sebaiknya dilakukan 3 bulan sebelum masa berlaku STR lama berakhir).

  1. STR lama asli / fotocopy STR lama dilegalisir oleh Dinas kesehatan provinsi
  2. Rekomendasi PPNI (rekomendasi dapat diterbitkan jika perawat yang bersangkutan memiliki NIRA aktif dan hasil verifikasi telah mendapat 25 SKP (satuan kredit profesi) yang biasanya didapatkan dari praktik keperawatan, penelitian, dan seminar/workshop yang diiikuti oleh perawat).
  3. Ijazah dan Transkrip
  4. KTP
  5. Pembayaran ke PNBP Rp. 100.000
  6. Surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Pasfoto 4×6

Memantau proses mengurus STR sampai selesai

Untuk memantau seberapa jauh proses STR Perawat tersebut, MTKI memberikan solusi praktis. Perawat yang sudah mengajukan usulan STR, bisa mengirimkan email kepada MTKI. Cukup dengan melampirkan nama dan nomor berkas yang diajukan lalu kirimkan ke email:

Cukup penting untuk memantau proses selama mengurus STR sampai selesai. Hal ini akan memperjelas jika pun ternyata berkas terselip atau belum dikirimkan ke MTKI. Semuanya ada jalan jika terus diperbaiki dan berbenah. STR Perawat selama ini menjadi keluhan karena prosesnya yang lama dan tidak pasti kapan terbit.

Baca: Cara Untuk Mengetahui Proses Pembuatan STR Perawat yang Telah Diajukan

Panduan registrasi STR online

Dalam buku panduan registrasi STR online ini, terdapat beberapa bagian. Ada penjelasan dasar dari cara registrasi STR online hingga cara cek status registrasi. Dalam panduan registrasi STR online juga dijelaskan tahapan dari awal.

Tahapan yang disajikan dalam buku panduan registrasi STR online di antaranya:

  1. Cara Mendapatkan PIN
  2. Memulai Registrasi
  3. Registrasi Baru
  4. Registrasi Ulang
  5. Simpan Data
  6. Pembayaran Registrasi
  7. STR Online
  8. Upload Foto
  9. Pencetakan Formulir 1a

Baca selengkapnya: Download Buku Panduan Registrasi STR Online Terbaru Resmi dari MTKI

Picture: https://www.allnursingschools.com

Pos terkait