Berapa Honor Tenaga Kesehatan Haji Indonesia?

0
Berapa Honor Tenaga Kesehatan Haji Indonesia

Senyumperawat.com – Honor tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) tidaklah sedikit. Pemerintah menghitungnya berdasarkan beban pekerjaan dan jam kerja selama di sana. Menjaga kesehatan, siap siaga, mumpuni dan cekatan adalah modal utama sebagai TKHI.

Kementerian Kesehatan pada tahun ini akan memberikan honor sebesar 70 dolar Amerika Serikat (AS) per hari bagi tenaga kesehatan yang terpilih menjalankan tugas memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, dikutip dari Republika.

Itu nilai yang disampaikan oleh pemerintah pada tahun 2010 lalu. Nilai itu tinggal dikalikan dengan lamanya tugas di sana.

Baca: Persyaratan Mendaftar TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) Bagi Dokter dan Perawat, Bagaimana Kalau Bidan?

Peralatan yang lengkap

Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mekah, kata dia, berupa gedung sembilan lantai dengan fasilitas rawat inap berkapasitas 300 tempat tidur, ruang perawatan intensif, dan penginapan petugas kesehatan.

Serta dilengkapi dengan peralatan kesehatan lengkap, termasuk peralatan operasi dan alat pacu jantung. Fasilitas serupa di Madinah, kata dia, memiliki kapasitas sekitar 50 tempat tidur dengan ruang perawatan, ruang rawat inap dan peralatan kesehatan memadai.

Peralatan yang memadai akan sangat menunjang kinerja. Sebagai orang yang belum pernah merasakan suhu ekstrim atau badai pasir, tentunya kita perlu didukung oleh peralatan yang mumpuni. Bagaimana pun, cuaca hanya bisa diprediksi namun tetap Allah yang menetapkan. Pada musim haji yang lalu, kita sempat mendapatkan kabar bahwa badai pasir tiba-tiba melanda tanah Arab. Akibatnya jama’ah harus memakai masker dan memerlukan pendampingan ekstra khususnya yang menderita penyakit tertentu.

Berapa honor tenaga kesehatan haji Indonesia 2019?

Honor berupa dolar atau rupiah, jangan menjadi tujuan utamanya. Itu hanyalah bonus dari Allah SWT atas dedikasi Anda. Hadiah yang paling patut disyukuri untuk pertama kali adalah Anda bisa beribadah haji secara gratis. Itu nilainya sudah tidak ternilai.

Anda tidak perlu mengantre sebagaimana jama’ah haji lain yang mendaftar secara umum. TKHI hanya perlu menjalani proses seleksi dan pelatihan saja. Setelah itu bisa beribadah secara gratis. Biaya hidup pun gratis karena seluruhnya ditanggung oleh pemerintah. Jadi kisaran nilai honor petugas kesehatan haji yang tertera di atas itu adalah bersih.

Tinggalkan Komentar