Ustadzku Sehat, Umat pun Kuat

Ustadzku Sehat, Umat pun Kuat

Senyumperawat.com – Sudah lama saya ingin berbagi seputar program “Ustadzku Sehat”. Kita kadang luput akan satu hal penting dalam kehidupan yakni kesehatan. Banyak lembaga sosial yang bergelut di bidang kesehatan. Banyak pula lembaga dakwah yang salah satu programnya adalah menyediakan layanan kesehatan gratis. Namun, kebanyakan berkutat pada aspek kuratif.

Pentingnya preventif

Sudah banyak terjadi para ustadz mengalami sakit. Sakitnya baru diketahui setelah dilarikan ke pusat layanan kesehatan. Ini merupakan satu hal yang perlu dikoreksi bersama. Betapa para ustadz telah mendedikasikan dirinya, ilmunya dan mempersiapkan keluarganya untuk berdakwah di jalan Allah.

Perlu ada upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada ranah preventif. Bukan hanya untuk kepentingan sang ustadz saja melainkan lebih luas lagi. Tindakan preventif bisa dilakukan dengan sangat mudah sebenarnya. Jauh lebih mudah daripada ketika sudah dirawat.

Oleh karenanya, akan lebih baik lembaga sosial dakwah juga mengedepankan aspek kesehatan ustadz.

Ustadzku sehat, umat pun kuat

Melalui lisan ustadz inilah kebangkitan umat akan berangsur terbit. Fasilitas penunjang semisal kesehatan adalah salah satu modal pokok untuk lebih optimal menjalankan risalah para Nabi.

Miris rasanya ketika ada ustadz karena terlalu sibuk mengisi kajian kemudian menderita gastritis (maag). Miris rasanya ketika ada ustadz punya jadwal pagi hingga malam akhirnya menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Miris rasanya ketika ada ustadz jatuh pingsan saat mengisi kajian karena kelelahan fisik.

Semua itu perlu adanya perhatian. Walaupun hanya sekedar memerika tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Bisa juga dengan memberikan edukasi tentang pola hidup sehat kepada sang ustadz dan keluarganya. Bukan suatu hal yang mahal untuk mulai menerapkan program “Ustadzku Sehat”.

Share

COMMENTS