Pemeriksaan TOF Zya di RS Harapan Kita, Jangan Malu Bertanya

0
Inilah Pemeriksaan TOF Zya di RS Harapan Kita

Senyumperawat.com – Pemeriksaan TOF Zya tidaklah sekali atau dua kali. Melainkan ini adalah kali ketiga. Itu pun rangkaiannya ada beberapa macam pemeriksaan TOF. Sebelumnya Zya telah didiagnosis oleh dokter jantung di RS Urip Sumoharjo Lampung. Di sana melalui pemeriksaan Echocardiografi.

Kemudian, ketika kami bawa ke RS Anak Bunda Harapan Kita melalui pemeriksaan Echocardiografi dan saturasi oksigen. Tentunya dengan hasil yang sama. Jadi sepertinya memang setiap rumah sakit memerlukan data sendiri untuk dimasukkan dalam rekam medis.

Selang dua pekan, kami membawa surat rujukan dari RSAB Harapan Kita ke RS PJN (Pusat Jantung Nasional) Harapan Kita. Rumah sakitnya bersebelahan tapi kata dokter, tetap beda manajemen. Sedikit saran, jika memang sudah diketahui kasusnya TOF, bisa langsung saja ke RS Jantung Harapan Kita. Tidak harus ke RSAB Harapan Kita terlebih dahulu.

Jangan malu bertanya

Ketika sampai di RS Jantung Harapan Kita, jangan malu untuk bertanya. Banyak sekali pos yang harus dilalui di sana. Ketika masuk dari pintu utama, kita akan berjumpa dengan bagian informasi. Bertanyalah sampai benar-benar paham. Jika masih bingung, ada satpam yang sedia untuk memberikan arahan ke mana dan ke mana.

Jika posisi kita adalah pasien baru, maka lengkapi syarat yang ditentukan seperti surat rujukan RS sebelumnya. Surat rujukan dibuat salinan (photo copy) sebanyak 2 rangkap. Pastikan pula, sebelum berangkat ke RS sudah mencari info terkait jadwal dokter jantung anak yang akan dituju. Ada beberapa dokter jantung anak yang bisa dipilih.

Waktu itu kami memilih dr. Anna Ulfa Rahajoe. Beliau adalah dokter senior. Tapi kini telah pensiun (kisahnya nanti kami sertakan dalam kisah berikutnya).

Setelah syarat rujukan dan nama dokter serta jadwal praktiknya sudah dipilih, kemudian isi formulir pasien baru. Formulir bisa diambil sendiri di balik mesin pendaftaran. Letaknya sebelah kanan setelah masuk dari pintu depan poli klinik umum.

Isi biodata pasien serta penanggung jawabnya. Setelah itu, ambil antrian di mesin pendaftaran. Ada beberapa pilihan di sana, sekali lagi jangan malu bertanya. Ada satpam yang bertugas di dekat mesin itu. Kalau pasien baru ada pilihannya, kalau pasien lama juga ada pilihannya yakni dengan perjanjian atau tanpa perjanjian (nanti kami ulas berikutnya).

Menanti antrian pendaftaran pasien baru

Setelah mengantongi nomor antrian pendaftaran pasien baru RS Harapan Kita, masuk ke ruang tunggu sebelah kanan dari pintu masuk kedua. Di sana akan dijelaskan kembali ketentuan sebagai pasien dan inform concent bagi keluarga.  Setelah proses pendaftaran selesai, petugas akan mengarahkan untuk menuju kamar di mana dokter yang diinginkan berada. Ada banyak kamar di sana.

Sembari menanti panggilan untuk pemeriksaan dengan dokter, disediakan tempat bermain bagi anak-anak. Letaknya dipojok sebelah kanan ketika menuju ke ruang tunggu kedua.

Nantinya para perawat akan memanggil pasien untuk dilakukan pemeriksaan berupa validasi data, tinggi badan, berat badan, suhu tubuh dan tekanan darah. Terakhir kami ke sana, mesin pemeriksa saturasi oksigen sekarang diletakkan di luar. Kalau sebelumnya di dalam kamar periksa.

Kisah awal: Ketika Zya Didiagnosis TOF Oleh Dokter

Pemeriksaan TOF di RS Harapan Kita

Pasien satu per satu akan dipanggil masuk ke kamar periksa. Dokter akan memeriksa kondisi jantung si kecil. Kala itu, Zya diperiksa oleh dr. Anna. Berhubung beliau sudah cukup sepuh, Zya ketakukan dan hanya bisa diam dengan wajah tegang.

Kemudian, dokter akan mengajukan untuk melakukan pemeriksaan penunjang. Di sini, beliau akan memberikan surat yang berisi permohonan untuk dilakukan pemeriksaan penunjang. Surat itu kemudian di bawah ke bagian administrasi untuk diproses. Setelah selesai, kemudian menuju ke ruang pemeriksaan.

Ada pun pemeriksaan TOF yang dilakukan di RS Harapan Kita meliputi:

  1. EKG (Elektrokardiogram)
  2. Echocardiografi
  3. X-ray (Rontgen)

Semua proses itu dilakukan dalam sehari. Bisa dibayangkan bukan, Zya yang kondisinya mudah lelah dan ketika kelelahan membiru. Ia harus berkali-kali menangis ketika melalui pemeriksaan itu. Wajar namanya juga anak kecil yang melihat alat beragam itu akan ketakutan. Apalagi harus bersentuhan dengan tubuhnya langsung.

Usai pemeriksaan penunjang TOF

Usai seluruh proses pemeriksaan penunjang selesai, kita akan diminta menunggu kembali hasil dari seluruhnya. Setelah hasil sudah selesai dicetak, akan diminta oleh dokter untuk dikaji.

Setelah menunggu hingga sore hari, akhirnya nama Zya dipanggil. Waktu itu, dokter telah mendiagnosis Zya menderita TOF. Inilah kali keempat, kami mendengar diagnosis penyakit yang tak pernah kami harapkan itu.

Dokter memberikan edukasi tentang apa itu TOF. Bagaimana bisa terjadi TOF. Tanda dan gejala TOF. Tak lupa membekali kami dengan cara memberikan pertolongan pertama pada Zya ketika mengalami Spell (membiru karena kekurangan oksigen).

Pemeriksaan TOF terakhir

Pemeriksaan ini adalah MSCT-Scan. Dokter memberikan kembali surat rujukan untuk dilakukan pemeriksaan penunjang MSCT-Scan jantung. Hal ini untuk mengetahui kondisi pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Sore hari itu juga kami langsung memproses surat itu. Kembali lagi ke bagian administrasi lalu diarahkan untuk menuju ruang pemeriksaan MSCT-Scan jantung.

Letaknya dari pintu masuk utama poliklinik umum ke arah kiri. Nanti mentok bertemu apotek, belok kanan sampai mentok ketemu lift. Belok kiri dan di situ pendaftaran untuk pemeriksaan MSCT-Scan.

Setelah mendaftar, kita akan dijelaskan bahwa pemeriksaan ini akan mengeluarkan biaya tambahan lagi selain MSCT-Scan yakni pemasangan jarum infus (Aboucate). Tak lupa surat rujukan untuk pemeriksaan dibuat salinan 3 rangkap. Ada dua tempat Photo Copy yang paling dekat dengan RS. Ada yang di dalam RS letaknya dekat dengan poliklinik eksekutif dan satu lagi keluar RS, di jalan Kota Bambu Selatan.

Setelah proses di loket pendaftaran usai, kita akan diarahkan menuju loket administrasi MSCT-Scan. Letaknya kembali lagi ke arah Apotek tadi lalu belok kiri. Tepat di depat deretan mesin ATM.

Oh iya, petugas pendaftaran MSCT-Scan akan memberitahukan jadwal kapan akan dilakukan pemeriksaan. Waktu itu Zya mendapatkan jadwal 2 pekan setelah hari itu.

Mungkin itu sekilas tentang macam-macam pemeriksaan TOF di RS Harapan Kita yang dilalui Zya. Untuk kisah lainnya akan kami sambung di lain waktu.

Bekasi, 10/11/2018
Bung Destur

Share

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.