Gagal Ginjal Kronis (GGK)

0
Gagal Ginjal Kronis (GGK)

Senyumperawat.com – Sebelum membahas stadium gagal ginjal kronik, coba kita simak pengertiannya dulu. Gagal Ginjal Kronis biasanya disingkat dengan sebutan GGK. Gagal ginjal kronis adalah kerusakan pada ginjal yang terus berlangsung dan tidak dapat diperbaiki, ini disebabkan oleh sejumlah kondisi dan akan menimbulkan gangguan multisystem. (chalene, 2001)

Gagal ginjal kronis atau penyakit ginjal tahap akhir(ERSD) adalah penyimpangan,progresis,fungsi ginjal yang tidak dapat pulih dimana kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan metabolik, cairan dan elektrolit mengalami kegagalan yang mengakibatkan uremia. (Baughman, 2002)

Gagal ginjal kronis atau penyakit renal tahap akhir adalah merupakan gangguan fungsi renal yang progresif dan ireversibel dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme, keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah).(Smelzer, 2001)

Berdasarkan beberapa pengertian menurut para ahli diatas dapat diambil kesimpulan bahwa gagal ginjal kronik adalah gangguan fungsi renal yang irreversible dan berlangsung lambat sehingga ginjal tidak mampu mempertahankan metabolisme tubuh dan keseimbangan cairan dan elektrolit dan menyebabkan uremia.

Stadium gagal ginjal kronik

Tahap cronic kidney disease (CKD)

  1. Tahap I : kerusakan ginjal dengan GFR normal arau meningkat, GFR > 90 ml/menit/1,73 m.
  2. Tahap II : penurunan GFR ringan, GFR 60-89 ml/menit/1,73 m.
  3. Tahap III : penurunan GFR sedang yaitu 30-59 ml/menit/1,73 m.
  4. Tahap IV : penurunan GFR berat yaitu 15-29 ml/menit/1,73 m.

Stadium gagal ginjak kronik di atas disarikan dari kidney.org/professionals (2007) dan Kidney.org.uk (2007).

Share

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.