Terapi Kanker dengan Operasi, Radiasi dan Kemoterapi

0
Terapi Kanker dengan Operasi, Radiasi dan Kemoterapi
Cancer Treatment - Printed with Mint Green Pills, Injections and Syringe. Medical Concept with Selective Focus.

Senyumperawat.com – Terapi kanker bagi sebagian orang memang menakutkan. Tapi bagi yang memang tak peduli lagi soal kekhawatiran itu, apa pun akan dilakukan. Sembuh dari kanker yang menyerang tubuh adalah kuasa Allah, namun manusia diberi batasan untuk berusaha.

Menurut Sjamsuhidayat, (2005), pengobatan kanker dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu pembedahan, kemoterapi, radiasi. Pengobatan kanker didasarkan atas tahapan penyakit dan beberapa faktor lain.

Macam-macam terapi kanker:

a.Pembedahan
Pembedahan masih sering dilakukan karena merupakan modalitas pengobatan yang terbaik. Pembedahan mungkin dipilih sebagai metode pengobatan primer, atau mungkin sebagai metode diagnostik, profilaktik, paliatif atau rekonstruktif (Smeltzer & Bare, 2002)

b.Radiasi
Terapi radiasi merupakan terapi yang menggunakan radiasi ionisasi tinggi yang digunakan untuk mengganggu pertumbuhan selular. Terapi ini merupakan terapi lokal yang digunakan sendiri atau kombinasi dengan terapi lain (Otto, 2003)

c.Kemoterapi
Kemoterapi adalah terapi anti kanker untuk membunuh sel-sel tumor dengan mengganggu fungsi dan reproduksi seluler. obat yang digunakan untuk mengobati kanker menghambat mekanisme proliferasi sel. Obat-obat anti kanker disebut sitostatika.

Efek samping yang mungkin timbul dari kemoterapi ini adalah rambut rontok, mual, diare, berat badan menurun, mulut kering (Otto, 2003).

Pustaka

Otto, S. E. (2003). Buku Saku Keperawatan Onkologi. Jakarta: EGC.
Sjamsuhidajat, R. (2005). Buku Ilmu Bedah. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Smeltzer, S. C. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah (Edisi 8). Jakarta: EGC.

Tinggalkan Komentar