Derajat Tumor Ada 1-4

0
Derajat Tumor Ada 1-4

Senyumperawat.com – Kalau mendengar derajat tumor, kebanyakan dari kita mungkin sudah tahu. Ada derajat tumor 1, 2, 3 hingga 4. Semuanya memiliki karakteristik tersendiri. Derajat tumor ini akan menentukan bagaimana dokter akan memilih terapi yang tepat. Tiap derajatnya akan membutuhkan penanganan tersendiri agar lebih efisien.

Pentahapan menentukan ukuran tumor dan keberadaan metastasis. Dalam sistem TNM, sistem yang sering digunakan untuk menggambarkan keganasan. Sistem TNM ini, T mengacu pada keluasan tumor primer, N mengacu pada keterlibatan nodus limfe, M mengacu pada keluasan metastasis.

Pembagian derajat tumor mengacu pada klasifikasi sel-sel tumor. Sistem penderajatan digunakan untuk menentukan jenis jaringan yang menjadi asal dari tumor dan tingkat sel-sel mempertahankan fungsi dan karakteristik histologis dari jaringan asal. Penderajatan ini dituliskan dengan nilai numerik dengan rentang I sampai IV.

Derajat Tumor:

  1. Tumor derajat I dikenal sebagai tumor yang berdiferensia baik, struktur dan fungsinya hampir menyerupai jaringan asal.
  2. Tumor derajat II dikenal sebagai tumor berdiferensia secara moderat, struktur sel dengan beberapa imaturitas.
  3. Tumor derajat III dikenal sebagai tumor berdiferensiasi buruk, dengan struktur sel imatur dengan sedikit kemirirpan dengan jaringan normal.
  4. Tumor derajat IV yaitu tumor yang tidak menyerupai jaringan asal dalam struktur atau fungsinya disebut tumor berdiferensiasi buruk atau tidak bisa berdiferensiasi.

Sel tumor tersebut cenderung agresif dan kurang responsif terhadap dengan baik (Smeltzer & Bare, 2002).

Pustaka

Smeltzer, S. C. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah (Edisi 8). Jakarta: EGC.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.