Gaji Perawat Cuma 700 Ribu? Lebih Rendah dari Kasir Swalayan

Senyumperawat.com – Masih belum sejahteranya para perawat, menjadi perhatian serius Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jateng. Sebab, sampai saat ini perawat berstatus honorer yang berjumlah sebanyak 7.500 orang masih dibayar rata-rata di bawah Rp 700 ribu per bulan. PPNI berharap perawat honorer mendapatkan upah layak atau minimal sama dengan Upah Minimin Kabupaten/Kota (UMK) di masing-masing daerah.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPNI Jawa Tengah, Edy Wuryanto mengatakan bahwa selama ini memang ada perawat honorer yang gajinya sudah sesuai dengan UMK. Terutama yang di rumah sakit berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Namun, bagi yang ditempatkan di puskesmas, rata-rata masih jauh di bawah UMK. “Kami akan terus mendorong agar kesejahteraan mereka bisa membaik,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkali-kali mengajukan surat kepada bupati maupun wali kota untuk turut memperhatikan persoalan tersebut. Sebab, perawat memiliki peran yang sangat penting bagi proses penyembuhan pasien selain dokter. Selain itu, sudah ada SK Menkes RI Nomor : KP.01.01/Menkes/481/2017, tertanggal 24 Oktober 2017, tentang Pengangkatan Tenaga Kesehatan sebagai Tenaga Kontrak/Sukarela/Honorer di daerah. “Usulannya antara lain perlu adanya kebijakan penganggaran melalui APBD. Setidaknya, mereka bisa mendapatkan upah minimal sesuai dengan UMR,” ujarnya.

Edy juga terus memperjuangkan status para perawat honorer yang tidak jelas. Meski tidak semua diajukan PNS, paling tidak yang memiliki masa kerja di atas 10 tahun mendapat prioritas. Kendala lain yakni ada yang sudah berusia lebih dari 35 tahun dan sudah memiliki masa kerja yang cukup lama. “Kami akan mengajukan ke pemerintah pusat agar ada kebijakan khusus bagi mereka,” tambahnya.

Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menyatakan perawat memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang lebih sehat. Oleh sebab itu, pihaknya terus mendukung kiprah para perawat di tengah masyarakat. “Saya berharap organisasi ini dapat membantu menjaga kesehatan masyarakat, mengedukasi warga tentang pentingnya memelihara kesehatan baik kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungan, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit,” tambahnya. (BD/Radarsemarang)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker