Hukum Bekerja di Tempat Orang Kafir, Bolehkah? – Ustadz Zulkifli Muhammad Ali

0
Hukum bekerja di tempat orang kafir dalam Islam memang diatur sedemikian rupa. Pada dasarnya itu boleh. Hukum bolehnya bekerja di tempat orang kafir dilandaskan pada hukum muamalah. Melakukan muamalah duniawiyah dengan orang kafir diperbolehkan. Termasuk dalam hal bekerja.

Senyumperawat.com – Hukum bekerja di tempat orang kafir dalam Islam memang diatur sedemikian rupa. Pada dasarnya itu boleh. Hukum bolehnya bekerja di tempat orang kafir dilandaskan pada hukum muamalah. Melakukan muamalah duniawiyah dengan orang kafir diperbolehkan. Termasuk dalam hal bekerja.

Namun memang ada batasannya. Batasan di sini ada kaitan erat dengan akidah. Bos tempat bekerja itu meskipun ia kafir, tidak melarang kita untuk beribadah. Akan jadi masalah jika kita bekerja di tempat orang kafir dan dilarang untuk ibadah. Maka itu sudah ada unsur akidah di dalamnya. Jika bosnya semacam itu, maka hukum bekerja di tempat orang kafir yang melarang ibadah adalah haram.

Kemudian, hukum bekerja di tempat orang kafir yang bisa berubah menjadi haram ketika bosnya menyuruh kita meniru mereka. Misalkan memakai atribut perayaan hari besar mereka. Atau semisal dengan itu seperti menunduk pada benda yang mereka anggap sakral.

Lebih lengkapnya, mari simak penjabaran Ustadz Zulkifli Muhammad Ali berikut ini:

Share

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.