Pengertian Kanker, Penyebab, Stadium dan Terapinya

Pengertian Kanker, Penyebab, Stadium dan Terapinya

Senyumperawat.com – Pengertian kanker jika dilakukan survei kepada beberapa kalangan di dekat Anda, mungkin jawabannya nyaris sama. Mungkin ada yang mengartikan kanker sebagai penyakit ganas. Tidak jauh dari kata ganas karena memang keganasan.

Pengertian Kanker

Menurut WHO, pengertian kanker adalah istilah umum untuk satu kelompok besar penyakit yang dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh. Istilah lain yang digunakan adalah tumor ganas dan neoplasma. Salah satu fitur mendefinisikan kanker adalah pertumbuhan sel-sel baru secara abnormal yang tumbuh melampaui batas normal, dan yang kemudian dapat menyerang bagian sebelah tubuh dan menyebar ke organ lain.

Muat Lebih

Menurut National Cancer Institute (2009), kanker adalah suatu istilah untuk penyakit di mana sel-sel membelah secara abnormal tanpa kontrol dan dapat menyerang jaringan di sekitarnya. Proses ini disebut metastasis. Metastasis merupakan penyebab utama kematian akibat kanker (WHO, 2009).

Penyebab Kanker

Karsinogen merupakan faktor-faktor tertentu sebagai penyebab yang dapat menimbulkan pembentukan kanker. Faktor tersebut termasuk senyawa kimia (zat karsinogen), faktor fisika, virus, hormon, faktor genetik atau keturunan (Sjamsuhidayat, 2005)

a. Senyawa kimia (zat karsinogen)
Zat pengawet, zat pewarna, bahan tambahan pada makanan dan minuman dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Bahan sintetis misalnya bahan dalam industri plastik, bahan industri, bahan celup dan juga obat-obatan kemoterapi di dunia kedokteran.

b.Faktor fisika
Faktor fisika dalam hal ini adalah bom atom dan radioteapi agresif (radiasi sinar pengion).

c.Virus
Virus yang menjadi penyebab kanker sulit dipastikan karena virus sulit untuk diisolasi. Virus dianggap bisa menyatukan diri dalam struktur genetik sel, sehingga mengganggu generasi selanjutnya dari populasi tersebut (Smeltzer&Bare, 2002)

Salah satu virus yang dapat menyebabkan kanker adalah virus HIV (human immunodefiency virus) akan rentan terhadap infeksi HPV (human papillomavirus). Jenis virus tersebut disebut virus penyebab kanker atau virus onkogenik (Lubis, 2009).

d.Hormon
Hormon yang menimbulkan kanker hanya pada beberapa organ saja, yaitu organ yang pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormon seperti payudara, uterus dan prostat.

e.Kelainan kongenital
Seseorang yang mempunyai riwayat keluarga, semisal dengan kanker payudara hal ini akan mempunyai resiko yang besar terkena kanker payudara dibanding dengan orang yang tidak mempunyai faktor resiko tersebut.

Pos terkait