Herbal Untuk Asam Urat, Banyak Varian Buah-Buahannya

Senyumperawat.com – Herbal untuk asam urat sebenarnya tidak rumit dicari. Kita pun bisa mendapatkan herbalnya di sekitar kita. Memiliki kadar asam urat yang tinggi memang sangat merepotkan. Badan menjadi mudah terasa nyeri dan serba tidak nyaman. Untuk tidur saja kadang masih terasa, bahkan ketika bangun makin tidak nyaman.

Kadar asam urat normal

Nilai asam urat normal dibagi menurut usia dan jenis kelamin. Antara anak-anak tentunya berbeda dengan dewasa. Begitu pula pada wanita, berbeda dengan lelaki. Perlu diwaspadai jika kadar asam urat Anda melebihi rentang normal kadar asam urat berikut ini:

  1. Perempuan: 2,4–6,0 miligram per desiliter (mg/dL)
  2. Laki-laki: 3,4–7,0 mg/dL
  3. Anak-anak: 2,0–5,5 mg/dL

Herbal untuk asam urat

Untuk mengatasi asam urat yang tinggi, bisa saja langsung mengonsumsi obat asam urat. Tapi bisa juga dibantu dengan herbal agar saling menunjang. Herbal untuk asam urat ternyata bisa berupa buah-buahan. Nah, buah-buahan apa saja ya kira-kira. Mari kita pelajari lebih lanjut.

Apel

Buah yang dikenal memiliki banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan ini bisa kita olah menjadi jus apel yang memiliki rasa yang segar. Untuk membuatnya, kita hanya perlu mengupas tiga buah apel. Setelah dipotong kecil-kecil, kita bisa menambahkan satu liter air dan merebusnya hingga 30 menit. Jus apel yang sudah matang ini bisa kita konsumsi setiap hari demi mencegah kambuhnya asam urat.

Stroberi

Stroberi juga kaya akan kandungan vitamin C yang bisa melarutkan asam urat dalam darah. Selain itu, kita juga bisa menurunkan racun di dalam ginjal dengan signifikan. Kita bisa memakan stroberi secara langsung atau menjadikannya jus yang menyegarkan.

Jeruk dan lemon

Buah yang memiliki kombinasi rasa asam dan manis ini bisa kita konsumsi secara langsung atau dijadikan minuman. Kandungan vitamin C di dalam buah ini mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah dengan cara melarutkan kristal asam urat tersebut dari persendian. Hal ini tentu akan menurunkan risiko kambuhnya asam urat dengan signifikan.

 

Ceri

Buah ceri dikenal luas mampu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dengan efektif. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita hanya perlu mengkonsumsinya sebanyak 10 buah setiap harinya. Hanya saja, harga dari buah ini cukup mahal dan tidak mudah ditemukan di penjual buah tradisional.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker