Bisakah Kita Mengobati Flu Tanpa Obat?

Bisakah Kita Mengobati Flu Tanpa Obat

Senyumperawat.com – Mengobati flu tanpa obat, rasanya terdengar tidak mustahil dan bisa saja mustahil. Flu sebenarnya bisa saja diatasi tanpa obat. Tapi itu jika kasusnya hanya flu ringan. Tapi, jika flu itu disebabkan oleh virus berbahaya maka jangan coba-coba tanpa obat. Misalkan saja flu burung, flu unta dan sejenisnya.

Flu biasa disebut juga dengan influenza. Penyebab flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Muat Lebih

Mengobati flu tanpa obat?

Meningkatkan imunitas tubuh adalah solusi awal. Sarana yang bisa dicapai adalah dengan meningkatkan asupan nutrisi yang baik. Terlebih lagi vitamin c. Selain itu, hentikan kebiasaan yang berpotensi memperparah kondisi. Misalkan saja begadang, merokok, mabuk dan lain sebagainya.

Berikut ini tips sederhana mengobati flu tanpa obat:

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah hal yang penting dilakukan untuk menangani flu tanpa obat. Istirahat yang cukup tidak harus tidur, tetapi merelaksaikan diri. Duduk juga termasuk istirahat, intinya mengurangi aktivitas yang memberatkan.

2. Minum air hangat + madu

Air hangat dicampur madu adalah resep sederhana. Bahkan, bila suka ditambahkan jahe pun akan sangat baik. Selain manfaatnya melimpah, pembuatannya juga begitu mudah. Minuman hangat akan membuat vasodilatasi di area tenggorokan sehingga dikatakan dapat mempercepat reaksi penyembuhan dari gejala flu dan radang tenggorokan. Madu, tidak ada yang meragukan khasiatnya.

Jika pun memang tidak ada madu, minum air hangat sudah sedikit membuat kondisi badan lebih baik. Air hangat dapat memberikan relaksasi.

3. Makan yang bergizi dan teratur

Makan makanan bergizi dan teratur adalah cara yang sangat tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Imunitas ini sangat berguna untuk melawan berbagai infeksi terutama infeksi virus. Makan yang bergizi itu setidaknya makanannya terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Sumber karbohidrat seperti nasi.

Dikatakan nasi merah lebih baik daripada nasi putih. Sumber protein seperti tahu, putih telur, daging dan lain sebagainya. Catatan untuk telur, yang mengandung protein tinggi adalah putih telurnya, sedangkan kuningnya mengandung lemak tinggi.

Sumber lemak sedikit saja, jangan terlalu banyak seperti minyak ikan, minyak kelapa, olive oil dan lain sebagainya.

Sumber vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan, dan sumber mineral dapat diperoleh dari air dan buah-buahan juga. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan teratur, maka imunitas kita akan meningkat untuk melawan infeksi virus yang menyebabkan flu.

4. Buah-buahan

Makan buah-buahan yang mengandung vitamin c sangat dianjurkan. Namun, jika memang kurang begitu suka makan secara langsung, bisa juga dibuat jus. Tapi ingat, jangan membuat jusnya dengan es. Jus merupakan sumber vitamin yang baik. Terutama vitamin C yang merupakan antioksidan terbaik. Antioksidan ini dapat menangkal berbagai radikal bebas dan membantu meningkatkan imunitas kita.

Pos terkait