Tablet Ini Mengandung DNA Babi, Ternyata Sudah Banyak Dikonsumsi Ibu-Ibu

Tablet Ini Mengandung DNA Babi, Ternyata Sudah Banyak Dikonsumsi Ibu-Ibu

Senyumperawat.com – Suplemen makanan sejatinya harus halal dalam sudut pandang Islam. Faktanya, masih ditemukan suplemen makanan mengandung DNA babi. Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta produsennya menarik suplemen makanan Viostin DS yang positif mengandung DNA babi, beberapa toko obat di Makassar juga secara perlahan memindahkan barang tersebut dari kemasan jual.

Tak ayal, suplemen jenis tablet Enzyplex juga ternyata mengandung DNA babi. Di Makassar sendiri, pelanggan setia produk ini berasal dari kalangan wanita paruh baya. Hal ini dibeberkan langsung oleh Dewi selaku apoteker penangung jawab apotek di salah satu pusat toko obat terbesar yang berada di Jalan Boulevard, Makassar.

Ia menjelaskan, tingkat pembelian suplemen semacam itu digandrungi oleh wanita yang berusia kurang lebih 45 tahun ke atas.

“Sebelumnya obat tersebut ramai dipesan oleh ibu-ibu yang berusia kurang lebih 45 tahun ke atas. Namun produknya sudah kami singkirkan setelah mendapatkan kabar akan adanya DNA babi yang beredar,” kata Dewi, Kamis 1 Februari 2017.

Namun, Dewi enggan berspekulasi lebih jauh akan penelusuran sumber kontaminasi dari beberapa dugaan yang ada. Bisa saja dalam proses kontaminasi tersebut dimulai dari bahan baku dan tempat penyimpanannya. “Ada banyak kemungkinan sehingga obat semacam itu dapat terkontaminasi. Misalnya saja dengan tempat penyimpanan dan produksi,”jelasnya.

Suplemen tersebut, terkontaminasi setelah DNA babi yang ada di Viostin DS terungkap setelah BPOM menguji sampel produk tersebut.

Dalam rilis BPOM, dijelaskan bahwa indikasi kontaminasi sudah diumumkan BPOM pada akhir November 2017. Namun, karena produk tersebut sudah kadung beredar di pasaran, BPOM akhirnya menginstruksikan agar pihak produsen menarik produk, dan kepada jajaran BPOM untuk terus memantau di lapangan.

Produk Viostin DS milik PT Pharos Indonesia dengan nomor izin edar (NIE) POM SD.051523771 nomor bets BN C6K994H. Sementara untuk tablet Enzyplex produksi PT Medifarma Laboratories dengan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101. (Destur/Okezone)

Share

COMMENTS