Hal yang Perlu Dilakukan Saat Terkena Flu

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Terkena Flu

Senyumperawat.com – Saat terkena flu, kebanyakan masyarakat akan segera pergi ke warung beli obat. Terkadang memang flu datang dengan disertai demam. Tentu saat terkena flu demikian, tiap orang berbeda-beda perilakunya.

Flu termasuk penyakit menular umum yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang timbul saat terkena flu antara lain demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan rasa nyeri di badan. Pada beberapa orang, dapat juga muncul gejala muntah dan diare. Stres, kurang tidur, dan paparan zat berbahaya bisa mempeburuk gejala flu.

Pada dasarnya, flu dapat sembuh dengan sendirinya atau dalam bahasa kedokteran flu termasuk self limiting disease. Umumnya flu akan sembuh dalam waktu 2-7 hari. Obat-obatan, baik dengan resep dokter atau bukan, berfungsi untuk meredakan gejala flu. Namun, dalam banyak kasus, pengobatan sederhana bisa menghilangkan gejala flu ringan sampai sedang.

Beberapa hal yang perlu dilakukan saat terkena flu:

  1. Tiap bersin jangan lupa mengucap Alhamdulillah karena itu dicontohkan oleh Nabi
  2. Tinggal di rumah saat Anda sedang sakit.
  3. Senantiasa menutup bagian mulut dan hidung saat bersin agar tidak muncrat.
  4. Cuci tangan dan jaga kebersihan
  5. Menutupi hidung atau mulut dengan masker atau kain jika Anda sakit dan harus berada di sekitar orang lain.

Untuk mengatasi flu, jangan buru-buru minum obat. Cobalah langkah-langkah sederhana ini untuk meringankan gejalanya:

Istirahat yang cukup

Saat Anda sakit, tubuh Anda bekerja keras untuk melawan infeksi itu. Dan tubuh membutuhkan energi lebih dari biasanya. Karena itu tinggalkan rutinitas Anda sampai Anda merasa lebih baik. Tidurlah lebih awal, jangan begadang karena melewatkan tidur malam akan membuat sistem kekebalan tubuh lemah sehingga sulit untuk melawan virus penyebab flu. Jika Anda sulit tidur di malam hari karena hidung yang mampet, coba gunakan bantal ekstra agar posisi kepala lebih tinggi. Hal ini dapat meredakan tekanan sinus dan membantu Anda untuk lebih mudah bernapas.

Mandi air hangat

Menghirup uap hangat bisa melembapkan tenggorokan dan hidung yang gatal, serta melancarkan hidung yang tersumbat. Panas juga bisa membantu mengendurkan otot yang sakit.

Minum yang hangat misalnya air madu hangat plus jahe

Air hangat akan melegakan saluran pernapasan. Terlebih disertai dengan jahe yang memang terkenal ampuh memberikan kehangatan tubuh. Saat terkena flu, meminum madu juga bisa jadi pilihan. Selain khasiat madu tak bisa dibantah, kondisi terkena flu memang butuh asupan nutrisi tambahan yang tepat.

Cukupi minum agar tidak dehidrasi

Dehidrasi juga mengakibatkan imunosupresi atau melemahnya sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan penurunan kemampuan untuk melawan infeksi dan penyakit, termasuk penurunan fungsi neutrofil (bagian dari sel darah putih).1 Itu sebabnya jika kita dehidrasi saat flu, tingkat kelelahan juga meningkat secara signifikan, sebesar 70% pada mereka yang mengalami dehidrasi dibandingkan dengan yang tidak.2

Dengan demikian, dehidrasi pun membuat proses penyembuhan menjadi semakin lambat dan sebaliknya hidrasi yang tepat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan penyakit.

Referensi:

  • Chisaki, T., Umeda, T., Takahashi, L., Matsuzaka, M., Iwane, K., Matsumoto, H., . . . Nakaji, S. (2012). Effects of dehydration of immune functions after a judo practice session. Luminescence, 28(2), 114-120.
  • Jones, L. C., Cleary, M. A., Zuri, R. E., & Lopez, R. M. (2013). Upper and lower body anaerobic muscular power is adversely affected by active dehydration.
Share

COMMENTS