Jam Kerja di Rumah Sakit Berlebihan Sebabkan Dokter Ini Tewas

Senyumperawat.com – Jam kerja di rumah sakit memiliki kebijakan masing-masing. Sesuai dengan kebijakan yang berlaku, tiap tenaga medis harus mematuhi jam kerja di rumah sakit tersebut. Meskipun kadang jam kerja itu mesti mengorbankan hari libur. Kadang lembur pun menjadi bagian tersendiri dalam beban kerja di rumah sakit.

Dikabarkan bahwa ada kasus seorang dokter meninggal karena jam kerja di rumah sakit berlebih. Seorang dokter wanita berusia 43 tahun di Shanxi, China, mendadak pingsan dan meninggal dunia setelah bekerja selama 18 jam tanpa istirahat.

Zhao Bianxiang, dokter spesialis penyakit pernafasan, sedang melakukan tugasnya di rumah sakit Jumat lalu, 29 Desember 2017, saat tiba-tiba pingsan di depan pasien di bangsal.

Zhao, yang merupakan wakil direktur di departemen pernafasan, meninggal karena pendarahan subarachnoid, sejenis stroke yang dibawa oleh aneurisma yang pecah.

Dilansir Asia One, Selasa 2 Januari 2018, Zhao diketahui bekerja sejak jam 6 sore tanggal 28 Desember 2017. Setelah menyelesaikan waktu kerja keesokan harinya pukul 12 siang, bukannya beristirahat, dia terus mengunjungi pasien di rumah sakit, hingga jam kerjanya berlangsung sampai 18 jam hari itu.

Menurut laporan, kata-kata terakhirnya kepada seorang pasien adalah ‘Bagaimana kabar ibu Anda?’, sebelum ambruk di depan pasien di bangsal perawatan.

Dokter dan perawat yang bergegas masuk untuk menyelamatkannya tidak menemukan denyut nadi dan Zhao telah berhenti bernapas. Setelah 20 jam upaya penyelamatan, Zhao meninggal keesokan paginya pada tanggal 30 Desember, dilansir Viva.

Diperkirakan, kematian Zhao disebabkan oleh kelelahan karena bekerja selama 18 jam tanpa istirahat. Rekan sekerjanya menggambarkan Zhao sebagai salah satu spesialis pernafasan terbaik dan seorang ‘gila kerja’ yang tidak pernah menolak untuk membantu apapun jika diminta.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker