3 Manfaat Penting Berenang Saat Hamil

3 Manfaat Penting Berenang Saat Hamil

Senyumperawat.com – Berenang saat hamil merupakan latihan yang ideal. Bahkan jika pun itu dilakukan sepanjang masa-masa kehamilan. Hal ini salah satunya dikarekanakan kecilnya risiko untuk mengalami cedera. Termasuk pula tidak ada risiko Bunda bisa terjatuh menghantam perut dan melukai janin.

Melakukan aktivitas berenang saat hamil secara umum manfaat berenang tetap di dapat. Nilai lebihnya bagi kehamilan ternyata sangat baik. Berolahraga di air memungkinkan Bunda bebas bergerak tanpa menekan sendi-sendi.

Berenang dalam keadaan hamil sebenarnya tidak berdampak negatif pada umumnya. Kecuali jika memang sejak awal ada hal yang menjadi penghalang sesuai petunjuk petugas kesehatan. Maka, memang sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas berenang ketika masih hamil, baiknya minta rekomendasi dari dokter atau bidan.

Berenang adalah sunnah

Manfaat lain, selain yang sudah disebutkan di atas tentunya masih banyak. Bagaimana pun, secara mendasar olahraga pasti memberikan hal positif bagi tubuh. Apalagi olahraga tersebut termasuk sunnah yang diajarkan oleh Nabi. Maka bukan sekedar manfaat kesehatan tapi juga pahala.

Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya,

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ الْحَرَّانِيُّ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ ، قَالَ : حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحِيمِ الزُّهْرِيُّ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ ، قَالَ : رَأَيْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ ، وَجَابِرَ بْنَ عُمَيْرٍ الأَنْصَارِيَّيْنِ يَرْمِيَانِ ، فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُوٌ وَلَعِبٌ ، إِلا أَرْبَعَ : مُلاعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ ، وَتَأْدِيبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ ، وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَعْلِيمُ الرَّجُلِ السَّبَّاحَةَ “

Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”.

Perawi hadits ini tsiqah tanpa keraguan, kecuali Muhammad bin Wahd, ia shaduq.

Dikeluarkan juga oleh Ishaq bin Ibrahim dalam Fadhail Ar Ramyi, dari sahabat Abu Ad Darda’ dengan lafadz,

اللهْوُ في ثلاثٍ : تأديبُ فرَسِكَ ، و رمْيُكَ بِقوسِكِ ، و مُلاعَبَتُكَ أهلَكَ

“Lahwun (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan keluargamu”

Tanpa tambahan “mengajarkan renang”, namun terdapat kelemahan dalam sanad-nya. Ala kulli haal, status hadits ini shahih insya Allah. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jaami’ (4534).

Manfaat berenang saat hamil

Banyak manfaat berenang ketika hamil. Beberapa di antaranya kami rangkumkan dari berbagai sumber. Setidaknya ada minimal tiga manfaat berenang  saat hamil.

a. Melemaskan kembali ketegangan punggung

Seiring perut yang membesar, tulang belakang dan bahu akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi idealnya. Hal ini dapat meningkatkan beban pada punggung. Namun berkat rutin latihan berenang, beban ini dapat berkurang. Selain itu, otot-otot yang menjadi lebih kuat salah satunya dikarenakan berenang melibatkan otot dalam kelompok besar, yaitu lengan dan kaki.

b. Membantu ibu hamil menjaga berat badan tetap ideal

Berenang akan menjaga berat badan. Bisa dibilang, berenang adalah satu olahraga yang membuat hampir seluruh bagian tubuh bergerak. Menjaga berat badan tetap ideal akan lebih mudah jika disertai olahraga ini. Timbunan lemak akan berkurang dan menjadi saran menghindari obesitas. Ibu hamil yang mengalami obesitas sampai menjelang melahirkan akan sangat beresiko.

c. Membantu mengurangi pembengkakan di lengan dan kaki

Kadang, pada ibu hamil terjadi pembengkakan terutama pada bagian ekstremitas. Kondisi ini diakibatkan oleh sirkulasi darah yang kurang lancar. Akibatnya, cairan tubuh tertimbun pada anggota tubuh yang jauh dari jantung. Salah satu cara mengurangi hal ini adalah melakukan aktivitas fisik yang terpola. Berenang saat hamil bisa menjadi salah satu alternatif.

Pedoman sederhana

Bagi yang belum terbiasa, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga ini mulai dari sekarang. Namun sebelum itu, pastikan Anda memilih kolam renang yang tingkat kebersihan dan keamanannya terjamin. Pastikan pula kolam renang itu khusus untuk wanita. Terutama bagi muslimah, hendaknya memperhatikan hal tersebut karena menjaga aurat tetap wajib. Ada pun hal lain yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Bagi yang belum bisa berenang, jangan nekat berenang di kolam yang dalam.
  2. Bila sebelum hamil tidak aktif berolahraga, jangan langsung berolahraga dalam porsi berat.
  3. Mulailah tiga sesi seminggu dengan tiap sesi cukup 15 menit saja. Secara bertahap, latihan bisa ditingkatkan menjadi empat sesi seminggu, masing-masing 30 menit. Kalau tidak bisa selama itu, berapa pun lamanya lebih baik daripada tidak sama sekali.
  4. Janagn lupa pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudahnya.
  5. Ketika berenang, lakukan gerakan yang terasa nyaman dan tidak membuat tegang pada area leher, bahu, atau otot punggung.
  6. Gaya dada adalah pilihan yang baik karena tidak melibatkan rotasi batang tubuh atau perut. Bagi yang memiliki kickboard (papan renang kecil), gunakan alat ini untuk membantu memperkuat otot-otot kaki dan bokong.
  7. Hati-hati saat memasuki air, berpeganganlah pada pagar atau pinggir kolam untuk keseimbangan dan mencegah tergelincir. Hindari terjun dengan kepala terlebih dahulu atau melompat ke dalam air. Hindari kolam air panas dan sauna.
  8. Hati-hati juga ketika keluar dari kolam, gunakan alas kaki antilicin agar tidak terpeleset.
  9. Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum sebelum olahraga dan setelahnya.
  10. Gunakan baju renang ibu hamil agar perut terasa nyaman.
  11. Jangan berlebihan melakukan gerakan.
  12. Jika otot terasa sakit, cobalah berjalan ke ujung kolam yang dangkal, dan jangan berenang. Ketika berjalan, gerakkan tanganmu melalui air. Beristirahatlah sebanyak mungkin.

Sekiranya demikian pembahasan seputar berenang selama hamil. Tak perlu takut untuk berenang jika kondisi kandungan baik. Tapi perlu kami ingatkan kembali untuk meminta rekomendasi dokter sebelum melakukannya.

Share

COMMENTS