Tips Membuat Anak Betah Duduk Saat Makan, Coba Share di Sini Bunda

Tips Membuat Anak Betah Duduk Saat Makan

Senyumperawat.com – Tips membuat anak betah duduk saat makan, ini yang mesti diungkap. Kita jumpai banyak orang tua merasa agak kerepotan menghadapi anak saat makan. Mereka lari ke sini, lari ke sana, lompat sini, lompat sana dan lain sebagainya. Begitu aktifnya anak Balita (bawah lima tahun) terkadang membuat orang tua tak bisa mengimbanginya.

Anak yang sangat aktif, biasanya sulit untuk duduk diam. Kalau tiba waktunya makan, ia inginnya makan sambil bermain. Sekali suap lalu ia kembali main. Kadang karena terlalu asyiknya bermain sampai lupa kalau sedang makan. Akhirnya yang menyuapi mesti memanggil-manggil si anak. Sekali, dua kali, tiga kali sampai lima kali tidak segera kembali makan lagi, akhirnya muncul emosi. Hayo, siapa yang pernah mengalami hal itu?

Jika pun mau diadakan survei, mungkin kira-kira dari 10 orang tua hanya 2 yang berhasil membuat anak betah duduk saat makan. Sebenarnya normal-normal saja. Anak balita memang belum bisa betah duduk anteng saat makan. Boleh jadi, orang tuanya juga dulu sewaktu kecil sulit untuk betah duduk saat makan. Belum bisa betah duduk saat makan bisa sampai usia 5 tahun. Setelah itu mereka akan mendapatkan hal-hal baru bersama teman-temannya. Maka memilihkan sekolah yang mengamalkan sunnah dengan baik juga menjadi PR tersendiri.

Tips membuat anak betah duduk saat makan

  1. Siapkan lingkungan dengan spektrum yang tidak begitu luas misalkan ruang keluarga.
  2. Jangan memberi makan di ruang tamu atau luar rumah karena membuat anak tergoda untuk bermain.
  3. Siapkan mainan yang sekiranya bisa membuat anak sibuk dalam duduknya.
  4. Jangan membuat anak merasa jenuh.
  5. Suapi dengan beragam variasi metode, bisa dengan bermain peran atau menggunakan media makan favoritnya.
  6. Sajikan menu yang menarik.
  7. Sembari berikan pengertian kepada anak bahwa makan dengan cara duduk adalah sunnah Rosulullah.

Demikian sedikit tips membuat anak betah duduk saat makan. Tiap ibu pasti punya pengalaman tersendiri. Bagaimana serunya memahami bahasa anak. Tidak banyak orang mampu bertahan dengan sabar. Tapi ya begitulah anak-anak. Bukan si anak yang harus dituntut agar sesuai orang tuanya, tapi orang tua yang mesti bisa beradaptasi. Jika salah dalam memberikan stimulus baik pada anak, justru nanti si anak bisa makin sulit untuk dididik.

Bagi para bunda yang memiliki tips jitu lain bisa dibagikan dikolom komentar. Mungkin banyak pengalaman menarik dalam menyuapi anaknya. (Destur)

Share

This website uses cookies.