Lulusan Bidan dan Perawat Banyak yang Menganggur, Tapi yang Jadi PNS Kerap Malas-Malasan

Senyumperawat.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, dr Ignasius Luti MPH menyatakan hingga saat ini lulusan bidan dan perawat banyak yang menganggur belum mendapatkan pekerjaan. Hal ini disebabkan, selain keterbatasan anggaran pemerintah untuk merekrut para bidan dan perawat, juga masih minimnya lowongan kerja bagi tenaga profesi ini.

Untuk mencukupi hidup, terpaksa para lulusan bidan dan perawat ini memilih kerja diluar profesi mereka. “Di Kepri untuk lulusan bidan dan perawat lebih seribuan yang belum bisa kerja, baik itu di rumah sakit, puskesmas atau instansi pemerintah lainya,” ujar pria yang disapa Luti ini kepada Haluan Kepri, Kamis (11/02).

Sama halnya tenaga bidan dan perawat ini banyak juga yang sudah bekerja di pemerintahan dan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Namun melihat kualitas kerjanya belum bisa diandalakan, serta kerap malas-malasan.

“Yang mau kerja itu banyak, seperti tenaga bidan dan perawat ini, kalau saya lebih cocok mereka kita tempatkan di daerah pulau saja. Kita kontrak kerjanya setahun dikasih gaji yang cukup. Daripada kita tempatkan jadi PNS namun tapi mereka itu jarang di tempat, buat apa,” ungkapnya.

Luti juga mengakui sudah mendiskusikan perogram penempatan bidan dan perawat di daerah-daerah terpencil ini dengan tim kerja Bupati terpilih. “Saya masih di pakai atau tidak kedepanya nanti oleh pemerintahan yang baru tidaklah menjadi suatu persoalan. Namun memang hal ini sudah pernah saya bicarakan dengan mereka,” jelasnya.

Ia juga berhap kedepannya nanti perlu penekanan terhadap dispilin pegawai terhadap jam kerja ini, biar mereka lebih disiplin lagi. “Saya mengharapkan mereka yang bekerja harus profesional dan mau bekerja keras, serta bisa diandalkan. Jangan semua urusan malah diserahkan ke kepala dinas saja,”ucap Luti lagi. (Destur/HK)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker