Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mendaftar STR, Apakah Harus Punya NPWP?

Senyumperawat.com – Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar STR tidaklah sedikit. Tapi sebenarnya bisa disiapkan dengan mudah, kecuali satu yaitu sertifikat lulus UKom (Uji Kompetensi). Satu momok paling menyebalkan mungkin bagi mayoritas tenaga kesehatan. Sebab, banyak yang akhirnya harus mengulang karena tidak lulus. Jadi istilah kasarnya mungkin begini, kuliah 3 atau 4 tahun tidak diakui kecuali lulus ujian kompetensi. Padahal, di kampus sudah banyak ujian dan dinyatakan lulus dengan IPK.

Aplikasi pendaftaran pengajuan Surat Tanda Registrasi (STR) berbasis web/jaringan internet yang dikembangkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) ditujukan untuk memfasilitasi pendataan pendaftaran tenaga kesehatan untuk registrasi baru secara online. Dengan pendaftaran secara online, diharapkan dapat mempercepat proses penerbitan STR & transparansi proses status penyelesaian berkas.

Mungkin ada masih bertanya-tanya, apakah desas-desus terkait syarat NPWP itu wajib. Padahal tidak semua tenaga kesehatan punya NPWP. Maka dalam penjelasan berikut ini dijelaskan bahwa NPWP disertakan jika memang sudah memiliki.

Harus dipersiapkan untuk mendaftar STR

Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar STR sesuai yang dirilis dalam http://mtki.kemkes.go.id:

  • Memiliki alamat email sendiri
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • NPWP (jika yang sudah memiliki)
  • Alamat Korespondensi (jika alamat berbeda dengan tempat tinggal)
  • Alamat tempat kerja (jika sudah bekerja)
  • Ijazah terakhir
  • Sertifikat Uji Kompetensi (baru diberlakukan untuk perawat DIII, bidan, Ners, dan Kesehatan Masyarakat) (*untuk Registrasi baru)
  • Surat rekomendasi kecukupan SKP dari Organisasi Profesi (*untuk Reregistrasi/Perpanjangan STR)

Untuk mempermudah prosesnya, sebaiknya syarat-syarat di atas dipenuhi terlebih dahulu. Sebenarnya tidak banyak yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar STR. Namun memang kembali lagi pada pembahasan di atas, UKom masih dirasa paling sulit. Untuk memunuhi syarat lulus UKom, mesti rajin-rajin belajar lagi. Secara mendasar memang tujuannya baik, tapi mungkin tetap dirasa mempersulit. Kalau fresh graduate bisa saja tidak masalah, tapi bagi yang sudah agak berumur tentu berbeda kasus. Namun, tetap perlu diapresiasi upaya peningkatan kompetensi para tenaga kesehatan ini. Semoga diimbangi pula dengan gaji yang layak.


Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker