Gaji Perawat di Indonesia 3 Kali Lebih Kecil Dibanding Perawat Thailand

0
Gaji Perawat di Indonesia 3 Kali Lebih Kecil Dibanding Perawat Thailand

Senyumperawat.com – Gaji perawat di Indonesia masih belum setara dengan beban kerjanya. Rapat kerja wilayah (Rakerwil) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah mengemukakan isu kesejahteraan perawat dan jaminan keselamatan pasien. Jika dibanding dengan negara lain di Asia Tenggara, gaji perawat di Indonesia terbilang sangat kecil.

Ketua DPW PPNI Jawa Tengah Edy Wuryanto menyampaikan kesejahteraan perawat masih belum baik. Terutama di sektor pelayanan kesehatan swasta. Hal ini bisa dinilai dari besaran gaji perawat di Indonesia yang terbilang kecil.

“Dari sisi infrastruktur bangunan terus dilakukan perbaikan, tetapi untuk gaji perawat masih rendah, bahkan tidak memenuhi UMR (upah minimum regional). Kemudian kalau dibanding dengan negara lain, gaji perawat di Indonesia jauh tertinggal,” papar Edy, 2016 lalu.

Edy mencontohkan, jika dibanding dengan gaji perawat di Thailand, gaji perawat di Indonesia tiga kali lipat lebih kecil. Padahal biaya hidup di Thailand dan Indonesia sama.

“Untuk itu, standar gaji perawat untuk Jawa Tengah kami petakan antara Rp3 sampai 4 juta setiap bulannya. Kami mendorong agar semua rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya dapat memenuhi standar gaji para perawat,” kata Edy.

Berkait keselamatan pasien, Edy melanjutkan, hal tersebut memang menjadi kewajiban perawat. Untuk itu, pihaknya mendorong adanya legalitas bagi yang membuka praktik mandiri. Yaitu, izin dari instansi pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten.

“Itu demi kepastian dan jaminan keselamatan pasien ketika pelayan kesehatan membuka praktik mandiri. Harus ada legalitasnya dari instansi pemerintah,” ujar Edy.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.