5 Hal Penting Untuk Mencegah Kanker Payudara

0
5 Hal Penting Untuk Mencegah Kanker Payudara

Senyumperawat.com – Mencegah kanker payudara bukan sekedar menghindari hal-hal yang memicu. Tapi juga lebih kepada meningkatkan kualitas hidup. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat mungkin hanya satu langkah saja. Selebihnya yang lain akan saling menopang. Termasuk halnya dengan meningkatkan kualitas ibadah. Meskipun benar, semakin tinggi keimanan maka semakin berat ujian. Tapi ada kalanya penyakit datang karena adzab. Yakni ketika seseorang memang jauh dari Allah.

Beberapa macam cara untuk mencegah kanker payudara sudah banyak diulas. Tapi masih saja ada yang tidak mengindahkan. Mengubah pola hidup sehat memang tidak mudah. Ada yang harus dihindari padahal disukai. Tapi semestinya, jika untuk mendapatkan hasil lebih optimal memang harus melalui pengorbanan.

Baca juga: Manfaat Cabai Mengobati Kanker Payudara

Kami sekedar rangkumkan beberapa hal penting dari sekian banyak cara mencegah kanker payudara. Kami sarikan menjadi 5 aspek yang semoga lebih mudah untuk dipahami.

1. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan yang sehat sepanjang hidup Anda terbukti dapat menjaga kesehatan. Anda dapat menghitung BMI atau Body Mass Index dengan cara berat badan (dalam kilogram) dibagi kuadran tinggi dalam meter, telah terbukti secara signifikan jika peningkatan BMI (lebih dari keadaan normal 25) akan meningkatkan risiko kanker payudara. Selain itu, dan peningkatan BMI telah meyakinkan terbukti meningkatkan risiko kanker payudara pasca-menopause.

Minimalkan konsumsi indeks glikemik tinggi yaitu nasi putih, kentang putih, gula dan produk produk olahan dari nasi, kentang dan gula. Makanan ini memicu perubahan hormonal yang mempromosikan pertumbuhan sel dalam jaringan payudara. Ganti ini karbonhidrat anda dengan biji-bijian dan kacang-kacangan / polong-polongan. Kacang-kacangan karena serat tinggi dan kandungan lignan terutama khusus.

2. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

Makan tujuh atau lebih porsi sayur dan buah setiap hari. Sayuran untuk perlindungan kanker payudara mencakup semua sayuran (brokoli, kubis, kecambah brussels, kembang kol), sayuran hijau (sawi, kangkung, bayam), wortel dan tomat. Buah yang mempunyai kandungan lebih untuk mencegah kanker payudara adalah jeruk, berry dan ceri. Terbaik untuk anda adalah dengan mengkonsumsi sayuran mentah atau dimasak sebentar, karena beberapa phytochemical diyakini menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara dihancurkan oleh panas

3. Mengkonsumsi produk kedelai

Mengkonsumsi produk kedelai secara teratur, seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Penelitian epidemiologi telah menunjukkan hubungan positif antara konsumsi kedelai dan pengurangan risiko kanker payudara.

4. Minimalkan paparan estrogen farmakologis dan xeno-estrogen.

Jangan mengambil estrogen resep kecuali ada indikasi medis. Paparan seumur hidup untuk estrogen memainkan peran penting dalam perkembangan kanker payudara. Juga hindari seperti estrogen senyawa yang ditemukan dalam polusi lingkungan, seperti pestisida dan bahan kimia industri. Disarankan menggunakan produk organik jika anda tidak bisa menghindarinya maka cucilah produk non-organik secara benar.

5. Menyusui bisa mencegah kanker payudara

Menyusui bayi Anda hingga waktu yang tepat. Wanita yang menyusui bayi mereka setidaknya selama satu tahun secara total mengalami penurunan risiko terkena kanker payudara.

Dari 5 hal penting cara mencegah kanker payudara di atas, mungkin ada yang sudah Anda lakukan. Untuk aspek lain yang belum, bisa segera disesuaikan.

Tinggalkan Komentar