Toyota Kembangkan Robot Perawat Untuk Lansia

Senyumperawat.com – Selama ini kita sudah mengenal robot humanoid Asimo milik Honda. Tidak diragukan lagi betapa pintarnya robot itu. Kini pabrikan lain yang juga rival utama Honda di Jepang ingin mengembangkan lahan yang serupa. Toyota, mulai mengembangkan robot perawat untuk Lansia.

Inovasi demi inovasi robotik selalu dikembangkan oleh Jepang. Padahal sebelumnya, kedua pabrikan tersebut begitu terkenal di lahan otomotif. Bahkan mereka berdua dulu juga pernah berkiprah di dunia Formula 1.

CEO Toyota Research Institute Gill Pratt mengatakan, perusahaan kini sedang berusaha mengembangkan robot yang memiliki kemampuan dalam merawat Lansia. Bahkan robot ini telah dibekali dengan beragam keahlian yang dibutuhkan oleh para lansia.

Sementara itu, Manager Komunikasi Nasional Toyota, John Hanson menyebutkan bahwa perusahaan sedang mengembangkan robot yang lembut serta canggih. Hal ini dimaksudkan agar robot milik Toyota mampu menangani lansia yang sangat lemah dengan aman.

Hanson juga memberi catatan, machine learning bakal berperan penting dalam melatih robot perawat lansia agar bisa memperlakukan orangtua dengan baik dan lembut.

“Dalam banyak hal, robot dan mobil otonomos memiliki sebuah kemiripan. Tujuan kami tentu ingin menjangkau titik di mana kedua perangkat yang didorong dengan teknologi canggih,” ujarnya, dilansir dari Business Insider, Minggu (26/6/2016).

Selain untuk merawat lansia, Toyota Research Institute belum mengidentifikasi tujuan khusus lainnya yang ingin dicapai melalui robot perawat ini. Namun kabarnya pihak perusahaan akan terus mengembangkan robot yang dapat membantu pekerjaan rumah manusia. (Destur/Sdn)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker