Tips Minum Kopi Agar Perut Tidak Kembung

Senyumperawat.com – Tidak sedikit orang sangat ingin minum kopi. Tapi sayangnya ia tak sanggup karena lambungnya kurang bersahabat. Tips minum kopi berikut ini mungkin bisa dicoba. Mengkondisikan lambung sebelum dihajar dengan kopi adalah solusinya. Lambung bisa saja mengalami peningkatan produksi asam lambung karena kopi terkenal dengan kafeinnya. Selain itu, semakin pekat kopi maka semakin beresiko pula meningkatkan produksi asam lambung.

Asam lambung yang meningkat inilah penyebab perut terasa kembung. Tidak sekedar kembung, kadang disertai rasa nyeri yang hebat. Maka jangan coba-coba minum kopi jika lambungnya belum siap. Bahaya yang ditimbulkan dari kopi terhadap lambung tidaklah sepele. Jika terlalu sering minum kopi tapi kondisi lambung tidak dijaga, maka yang terjadi adalah komplikasi yang makin parah.

Bahaya minum kopi bagi lambung

  1. Maag Kronis
    Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menjadikan seseorang yang memiliki gejala awal penyakit maag akan benar benar memiliki maag yang kronis dan segeralah hindari minum kopi untuk beberapa bulan kedepan agar kestabilan asam lambung anda kembali terjaga.
  2. Meningkatkan Asam Lambung
    Kopi yang berlebihan mampu mengurangi kadar air alami di dalam lambung sehingga menyebabkan ketidakseimbangan asam lambung. Kondisi ini membuat asam lambung lebih cepat meningkat.
  3. Gangguan Sistem Pencernaan
    Kafein pada kopi yang dikonsumsi lebih dari 5 gelas setiap hari dapat menimbulkan kerusakan pada sistem pencernaan dan mengganggu kestabilan kadar asam lambung yang sebenarnya sudah normal.
  4. Perih dan Nyeri
    Mengkonsumsi kopi yang lebih dari 5 gelas setiap harinya dapat mnenyebabkan peradangan tukak usus halus dan tukak lambung yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit maag atau lambung menjadi lebih sensitif terhadap makanan asam dan pedas sehingga sering merasakan perih dan nyeri.
  5. Refluks Asam
    Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan ngawur dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang tinggi yang pada sebagian orang dapat naik kesaluran kerongkongan yang menimbulkan rasa panas dan sensasi rasa terbakar. asam lambung yang sering naik kesaluran kerongkongan mengakibattkan kondisi tubuh seseorang menjadi lebih tidak nyaman dan dapat mengakibatkan muntah muntah.

Tips minum kopi agar lambung tidak kembung

  1. Sebelum minum kopi, isi perut dengan makanan berat
  2. Minum pula air putih agar kepekatan kopi bisa berkurang saat masuk lambung
  3. Seduh kopi dengan air mendidih atau gunakan alat peracik kopi

Intinya, jangan biarkan kondisi lambung belum terisi makanan. Jika suka minum kopi tapi kondisi lambung kosong dan diulang tiap hari, maka berbagai penyakit di atas bisa saja lebih cepat hadir. Maka tips minum kopi di atas meskipun cukup sederhana, tapi lumayan berguna untuk kondisi lambung kita.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker