Tips Cepat Membuat Badan Gemuk dengan Sehat

Senyumperawat.com – Membuat badan gemuk dengan sehat secara umum tak semudah gemuk dengan tidak sehat. Faktanya, makanan sampah (junk food) kini lebih menjamur daripada makanan sehat. Tapi ingat, untuk menjadi seorang yang sehat memang harus butuh perjuangan. Gemuk saja kalau tidak sehat mau apa-apa jadi susah. Badannya serba penyakit, beresiko penyakit dan mengundang banyak penyakit.

Tips cepat membuat badan gemuk secara sehat sebenarnya sudah sering diserukan pakar kesehatan. Tapi jika pun boleh jujur, terkadang menu-menu sehat tak tampak seenak menu tidak sehat. Kita kenal bersama betapa enaknya rendang padang. Secara rasa memang sangat mengundang air liur untuk terus keluar. Tapi jika melihat lagi komposisi bahannya maka kita akan paham betapa lemak dan kolesterol menyelimutinya.

Kita kenal juga makanan pecel lele, ayam penyet atau sejenisnya. Secara umum, lele atau daging ayam itu lezat dan sumber protein hewani. Tapi jika diolah dengan cara yang tidak sehat tentunya akan justru jadi sumber penyakit. Coba sekali-kali lihat bagaimana penjual makanan itu mengolahnya. Banyak yang ketika menggoreng lele atau daging ayam tersebut menggunakan minyak yang sudah menghitam.

Baca: Riset: Cowok Gemuk Lebih Beresiko Terserang Stroke

Banyak orang bilang, hidup sehat itu rahasianya adalah kembali kepada alam. Kami katakan, betul. Bahan-bahan alam memang sangat baik. Tapi juga ada yang buruk. Misalkan terlalu banyak penggunaan pestisida atau sejenisnya. Maka dalam mengolah bahan alam juga perlu berhati-hati.

Berikut ini sedikit tips membuat badan gemuk dengan sehat:

  1. Pilih makanan sehat yang kaya dengan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak, seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit
  2. Makanlah lebih sering, 5-6 kali sehari, dengan porsi yang lebih kecil
  3. Konsumsi jus atau smoothies
  4. Konsumsi camilan bernutrisi, seperti buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, avokad, salad sayur
  5. Tambahkan kalori dengan menaburkan keju atau telur di makanan Anda
  6. Minumlah saat makan atau 30 menit sesudah makan
  7. Biasakan diri untuk berolahraga untuk membentu otot Anda
  8. Periksakan diri ke dokter apabila menderita penyakit lama yang tidak kunjung sembuh (penyakit kronik), hipertiroid, atau gangguan makan

Makan makanan yang semisal rendang, pindang atau yang enak-enak lain sebenarnya boleh-boleh saja. Tapi ada satu syarat mutlaknya agar tetap sehat. Syarat itu adalah olahraga secara teratur. Cukup dengan meluangkan waktu tiap hari untuk lari kecil, jalan jauh atau jalan cepat, dan olahraga ringan lainnya. Maksud dari syarat ini adalah agar tubuh kita tidak perlu menimbun lemak yang tidak perlu. Seorang yang gemuk tapi tidak sehat, badannya dipenuhi oleh lemak. Lemak ini perlu dibakar agar tidak mengendap dan menimbulkan penyakit. Maka untuk membuat badan gemuk dengan sehat, perlu usaha yang baik pula.


Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker