Tiap Tahun Ada 16.000 Lowongan Kerja Perawat Di Luar Negeri, Tapi Perawat Indonesia Terkendala Bahasa

0
Lowongan Kerja Perawat

Senyumperawat.com – Lulusan perawat di Indonesia sudah sangat banyak. Bahkan karena terlalu banyaknya sampai banyak pula yang menganggur. Padahal jika ingin go international, peluangnya sangat terbuka. Lowongan kerja perawat ke luar negeri adalah pilihan yang dirasa tepat. Mengingat menjadi tenaga kerja di dalam negeri sekarang tidaklah mudah. Pencari lowongan kerja ke luar negeri saat ini meningkat. Hal ini dilatarbelakangi oleh gaji di dalam negeri yang belum bisa disebut sejahtera.

“Menurut data BNP2TKI, setiap tahun ada permintaan 16.000 perawat, namun Indonesia pada 2016 hanya mampu mengirim 200 orang di sektor keperawatan,” kata Nusron. Hambatan dalam memenuhi permintaan itu, ujarnya, adalah kelemahan dalam bahasa Inggris khusus istilah medis, kompetensi, merk/lisensi, serta sertifikat di Indonesia yang tidak diakui di luar negeri.

Padahal, kata dia, lembaga-lembaga pendidikan keperawatan di Indonesia saat ini ada 863 sekolah. Per tahun, jumlah kelulusannya sebanyak 43.150 orang. Tetapi, dari jumlah tersebut hanya terserap antara 14.000 hingga 15.000 orang “Sedangkan, sisanya sekitar 27.000 hingga 28.000 orang kemungkinan bekerja pada sektor lain,” ujarnya.

Mencermati perkembangan itu, lanjut Nusron, BNP2TKI akan memfasilitasi kursus kepada perawat yang ingin meningkatkan kemampuan dan mengubah masa depan. “Sektor kesehatan dan hospitality menjadi prioritas dalam penempatan TKI formal di luar negeri,” ungkapnya.

Dengan kursus kursus upskilling, maka ke depan memungkinkan perawat Indonesia memiliki daya saing terhadap perawat dari Vietnam, Filipina, dan negara lain, sehingga dapat diterima bekerja di Jepang. (Destur/Beritasatu)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.